Tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai hari blogger nasional pada tahun 2007 oleh Muhammad Nuh saat acara Pesta Blogger 2007 di hotel Blitz Grand Indonesia . Saya baru memulai menulis di blog pada tahun 2010 lewat arahan dari Ust Zain An-Najah kepada semua santri agar mempunyai blog untuk belajar menulis. Selain itu, ada Pak Romi Satrio Wahono yang mengajarkan saya pentingnya blog sebagai langkah sederhana menerapkan knowledge management.

Lewat arahan mereka saya bisa terus menulis. Menulis adalah wujud upaya mulia untuk saling mencerdaskan satu sama lain. Menulis juga mengasah otak dan melatih diri merangkai kata yang bisa difahami orang lain.

Memiliki Blog melatih kemampuan kita BERPIKIR sebagaimana ungkapan umum yang mengatakan, rencana bukanlah rencana jika masih ada di kepala. Rencana menjadi rencana ketika kamu menuliskannya.

Dengan memiliki Blog dan mengisinya dengan rutin maka kita membiasakan diri untuk memformulasikan apa yang ingin kita tulis. Dengan cara ini kita melatih dan menjadi biasa untuk membangun struktur pemikiran kamu dengan baik agar orang lain mengerti apa yang ingin kita sampaikan. Kita berencana dan kita menuangkannya dalam tulisan yang bisa dipahami dengan mudah.

Tidak ada syarat bahwa seorang Blogger haruslah seorang pemikir besar, tapi dengan banyak latihan dan membiasakan diri berpikir dan mengkomunikasikannya, akan banyak penulis ternama dan pemikir genius yang lahir dari kebiasaannya menulis Blog.

Menurut hemat saya, menulis satu paragraf di blog punya makna lebih daripada menulisnya di akun-akun sosial media. Tulisan di blog lebih bertahan lama di mesin pencari dibanding status di facebook atau twitter yang tak sampai sehari sudah terlibas ratusan twit dan status facebook yang lain.

Semoga kita yang berkesempatan menulis di media blog, bisa selalu menulis kebaikan dan kebermaanfatan, agar ketika jasad ini mati, kita tetap bisa hidup dan jadi pahala yang menghantarkan kita ke surga. Amin.🤲

Terakhir, saya ucapkan beribu terima kasih kepada pembaca dan pengunjung blog sederhana ini dan mohon maaf jika ada salah tulis dan salah komentar di blog ini.🙏