Jika Anda baru pertama kali mengetahui tentang Tarteel, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang Tarteel, Aplikasi AI untuk Membantu Membaca dan Menghafal Al-Quran. Disitu saya sebutkan tiga kelebihan dari Tarteel yaitu Recite, Memorize, and Search the Quran yaitu membaca, menghafal dan mencari ayat Al-Quran.

Sebagaimana disebutkan pengembang yaitu Abdellatif Abdelfattah bahwa misi Tarteel adalah untuk memudahkan umat Islam belajar membaca firman Allah (SWT) dan memberikan orang-orang yang memiliki akses terbatas kepada Imam dan Syekh sebuah sarana untuk menjaga hubungan mereka dengan Allah (SWT) dan kitab-Nya.

Kita doakan agar team pengembang Tarteel dimudahkan urusannya dan mendapatkan pahala yang besar, Amiin.

Umat Islam butuh pemuda-pemuda seperti ini, meskipun sudah menempati posisi bekerja di tempat yang fantastik seperti Twitter dan Tesla, tapi mereka tetap berjuang untuk berbuat apa yang mereka bisa untuk Islam, dalma hal ini mereka membuat aplikasi untuk memudahkan memnaca Al-Quran. Jika banyak orang yang membaca Al-Quran karena aplikasi ini, maka pahala besar juga untuk mereka para pengembang.

Tarteel sudah sampai ke versi ke-4, pada versi ini ada beberapa tambahan atau update dari Tarteel yaitu Algoritma lebih cepat, Terjemah Al-Quran, font Al-Quran dan Live Correction.

Algoritma lebih cepat

Kelebihan Tarteel adalah ketika Anda membaca Al-Quran, algoritma Tarteel mencocokkan ayat demi ayat yang dibaca dengan menyoroti bagian yang sedang dibaca.

Di versi ke-4 ini, algoritma di atas sudah diperbaiki dimana akurasi pencocokan (matching) sudah sampai 98%, pencocokan pun berjalan dengan cepat seperti real time. Ada repetisi yaitu mengulang ayat atau kata menyesuaikan yang dibaca. Dan terakhir adalah dukungan aksen, algoritma tarteel sekarang memiliki dukungan berbagai aksen yang berbeda, mengenali pelafalan meskipun Anda bukan penutur asli Arab.

Terjemah Al-Quran

Terjemah Al-Quran sudah ada, pada versi ini baru pada terjemah Al-Quran dalam bahasa Inggris. Semoga ke depan bisa ditambah terjemah Al-Quran dari bahasa lain termasuk bahasa Indonesia yang merupakan pendudukn muslim terbesar di dunia.

Gambar di bawah sebelah paling kiri adalah tampilan ayat Al-Quran dan terjemahnya. Perubahan untuk menampilakn atau tidak terjemah Al-Quran ada di bagian pengaturan.

Image for post

Indopak dan Font Adaptif

Tarteel memperbaruin font Al-Qurannya dengan beberapa pilihan selain font mushaf Usmani sesuai dengan penulisan Al-Quran yang sudah umum.

Font tersebut adalah rasm Indopak yang yang familiar bagi mata orang Indonesia. Font ini sudah dipakai di Aplikasi Al-Quran Android Indonesia.

Kemudian ada adaptive font yang bisa dirubah-rubah. Pengaturan perubahan ini ada di bagian pengaturan.

Live Correction

Ini update yang sangat menarik bagi saya yaitu live correction, kita membaca Al-Quran di Tarteel dan aplikasi menyoroti kesalahan tajwid dan hafalam kita.

Saya belum tahu banyak tentang update live correction ini.

Image for post

Lebih lengkap tentang Tarteel, sila merujuk tautan berikut; https://www.tarteel.io/about.

Tautan unduh bisa di klik disini untuk Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mmmoussa.iqra

dan disini untuk App Store: https://apps.apple.com/au/app/tarteel/id1391009396

Sumber: Abdellatif Abdelfattah