Tesis atau Disertasi yang telah disetujui pembimbing dapat dimajukan ke Ujian Pendahuluan setelah melalui Ujian Work in Progress (WIP), verifikasi dan pengecekan plagiarisme yang menunjukkan minimal 75% orisinal. Alhamdulillah, hasil pengecekan Turitin menunjukkan hasil yang baik dengan nilai 6% saja yang memiliki similiaritas dengan jurnal lain.

Tim penguji Ujian Pendahuluan Tesis beranggotakan satu pembimbing, 2 penguji dan ketua sidang yang merangkap penguji dan salah satunya bergelar guru besar. Nama pembimbing dan penguji ada di informasi SPs berikut.

Proses Ujian Pendahuluan dilakukan tanpa tatap muka karena masih masa pandemi, jadi saya hanya mengajukan naskah cetak ujian pendahuluan kemudian ketika sudah keluar jadwal saya hanya menunggu nilai dan koreksian satu minggu setelahnya.

Bapak Muhammad Zuhdi memberikan nilai 90 dengan beberapa catatan yaitu bagian akhir di bab 3 dan 4 belum dibahas secara keseluruhan, daftar pustaka ada yang tidak sesuai alphabet dan memberikan saran di akhir bab 4 diberikan pembahasan atau diskusi sebelum kesimpulan.

Bapak Husni Rahim memberikan nilai 88 dengan cukup banyak catatan di antaranya; di bagian Abstrak belum memuat tujuan penelitian dan juga belum ada perbedaan dengan penelitian sebelumnya baru ada persamaan saja. Di Metodologi penelitian sudah baik tetapi tidak ada hipotesis dan uji
hipotesis yang ada uji validitas kuesioner. Bagian kesimpulan dan saran belum menjawab masalah utama, baru menjawab masalah minornya.

Bapak Suparto (belum memberikan nilai)

Terima kasih kepada pembimbing dan para penguji, insya Allah naskah ujian Pendahuluan ini akan segera diperbaiki dan submit untuk ujian Tesis.

Di akhir tulisan ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu menyelesaikan program master dan menulis Tesis yang saya tulis di Kata Pengantar.

Segala puji dan syukur disampaikan ke hadirat Allah Swt atas segala rahmat serta kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tesis ini. Salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw beserta keluarga, sahabat serta para pengikutnya yang tetap istiqamah di jalan-Nya.

Proses menyelesaikan program master dan menulis tesis memberikan pelajaran berharga bagi penulis, bahwa Magister journey bukan kompetisi siapa yang paling cepat selesai, bukan siapa yang tulisannya paling berpengaruh (impact) tinggi dan selesai tanpa ada koreksi dari penguji. Tesis ini adalah proses perjalanan penelitian yang penulis nikmati, refleksi dan dilakukan dengan sebaiknya.

Tesis dibuat untuk memenuhi salah satu syarat mencapai gelar Magister di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam perjalanannya, tesis ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Phil. Asep Saepudin Jahar, MA sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana dan Bapak Arif Zamhari, M.Ag, Ph.D sebagai Kaprodi Program Magister Sekolas Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang memberi kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan kemampuan sehingga dapat menyelesaikan tesis.
  2. Bapak Muhammad Zuhdi, M.Ed. PhD. selaku pembimbing tesis atas segala bimbingan, waktu serta tenaga yang diberikan dengan penuh kesabaran.
  3. Seluruh dosen Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan tim penguji pada ujian proposal penelitian, ujian Work in Progress (WIP), ujian komprehensif, dan ujian pendahuluan yang telah banyak memberikan ilmu dan pembelajaran kepada penulis.
  4. Dekan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ibu Dr. Sururin, MA, dan Ketua Prodi PAI, PBA, PBSI, PMTK dan P. IPA atas izin yang telah diberikan sehingga penulis dapat mengumpulkan data di FITK UIN Jakarta dan para mahasiswa yang telah membantu penelitian tesis ini.
  5. Aksi Peduli Bangsa dan Islamic Character Development, tempat penulis bekerja atas motivasi dan dukungan selama kuliah hingga penyusunan tesis.
  6. Dr. Abdullah Sahin dari Warwick University, UK yang memberikan buku ‘New Directions in Islamic Education: Pedagogy and Identity Formation’ dan menjadi salah satu rujukan utama penelitian.
  7. Untuk yang tak terlupakan ayahanda tersayang Hambali dan ibunda tercinta Sulasni yang telah membesarkan dan memberikan dukungan moril serta doa selalu mengiringi setiap langkah saya, serta adik-adik saya, Jalal dan Alfiyah.
  8. Untuk orang yang senantiasa setia dan sabar mendampingi tanpa kenal lelah. Tesis ini tak akan pernah terwujud tanpa dukungan darimu, Tesis ini milikmu juga. Terima kasih atas semua perhatian yang tercurah.

Semoga Allah Swt berkenan membalas kebaikan semua pihak yang telah membantu. Semoga tesis ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Penulis,

Jumal Ahmad