Sejak Mei 2010, saya tidak pernah mengganti tema blog ini, saya terus bertahan dengan tema sebelumnya yaitu Digg Column dari Small Potato. Kelebihan tema ini sangat sederhana dengan latar tulisan berwarna putih kemudian laman dibagi tiga bagian yang kiri dan kanannya bisa diisi widget.

Setelah 10 tahun ngeblog, saya ingin merubah tampilan blog agar lebih fresh dan mudah dibaca. Blog ini sudah lebih dari 1400 artikel, dengan jumlah sebanyak itu menggunakan tema sebelumnya sudah kurang nyaman. Saya berganti tema Rowling dari Anders Norèn.

Tema Rowling bersih, sederhana dan elegan. Model majalah dari halaman arsip membuat makalah yang sudah ditulis mudah untuk dinavigasi sehingga pembaca bisa dengan mudah men-scrol makalah yang ditulis terus ke bawah yang mendukung sebelumnya.

Saya memilih Rowling dengan alasan tema ini responsif dan retina ready. Responsif artinya tata letak dibangun untuk beradaptasi dengan perangkat dari semua ukuran. Posting akan terlihat dan dibaca sama bagusnya pada seperti pada smartphone atau tablet.

Retina ready artinya memberikan gambar yang lebih tajam. Semakin banyak piksel yang dikemas dalam inci, sehingga warnanya lebih cerah dan lebih cerah dan font yang lebih tajam.

Desain responsif dan retina ready menjadi sangat penting ketika pengunjung menjelajahi situs web menggunakan ponsel atau tablet definisi tinggi. Semakin banyak orang yang menggunakan ponsel dan tablet untuk membaca dan mencari informasi, semakin meningkat kebutuhan tampilan situs web untuk tidak hanya responsif, tetapi juga retina ready.

Semoga tampilan baru ini membuat Anda semakin betah berkunjung di blog sederhana ini.🙏

Terima kasih.

Jumal Ahmad