Hutan Sumbing Menangis


Kemarin saya menelpon bapak dan ibu yang tinggal di desa Prampelan, Adipuro, Magelang untuk menanyakan perihal kebakaran hutan di gunung Sumbing, desa kami hanya 8 km dari puncak Sumbing, kebakaran hutan yang melanda beberapa hari ini pasti terlihat jelas dan menyayat hati petani yang menjadi sumber kami mencari kayu untuk memasak di rumah.

Kebakaran hutan hampir terjadi setiap tahun ketika musim kemarau, pelakunya adalah manusia baik itu disengaja atau tidak sengaja dengan membuang puntung rokok misalnya. Pernah warga desa Prampelan menemukan pelaku yang dengan sengaja membakar hutan, kemudian disidang dan diminta tidak mengulangi lagi.

Di desa saya ada petugas polisi hutan yang setiap waktu menjaga hutan dari hal hal yang tidak diinginkan namun jumlahnya hanya sedikit dan belum bisa menjangkau area hutan Sumbing yang luas.

Setiap tahun Sumbing menangis karena hutannya dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab. Pernah saya mendaki Sumbing setelah kebakaran hutan berhenti, sangat tidak nyama sekali, kiri dan kanan hanya pohon kayu kering dan hitam, jalanan menjadi penuh debu.

Beberapa hari yang lalu teman teman di desa dan warga desa berbondong bondong masuk hutan untuk mematikan Api yang menyala dengan peralatan sederhana, beberapa pendaki yang lewat jalur Prampelan juga berhasil diselamatkan.

Paling atas adalah foto gunung Sumbing yang indah dan cerah dan saya gunakan sebagai header di akun Twitter saya. Bagian tengah adalah foto kebakaran hutan Sumbing yang dikirimkan salah satu teman saya di Adipuro dan paling bawah adalah foto ketika teman dan warga desa menyelematkan pendaki Sumbing.

Bagi teman-teman di Sumbing dan lainnya yang terkena cobaan kebakaran hutan. Sila mempraktikkan doa dari Abu Darda berikut agar terhindar dari kebakaran.

Klik tautan berikut: https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2019/04/11/doa-perlindungan-rumah-dan-hutan-dari-kebakaran/

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: