Momen Iduladha baik sekali dimanfaatkan sebagai momen untuk kumpul keluarga. Dua hari raya dan tiga hari tasyriq adalah hari bersenang senang bagi umat Islam, keluarga dan masyarakat.

Dalam 5 hari ini diperintahkan oleh Nabi secara langsung untuk makan, minum dan berzikir. Rasulullah saw bersabda, “Hari-Hari Tasyriq adalah hari-hari makan, minum dan dzikir.” (HR. Muslim)

Sebagaimana juga dijelaskan oleh Syaikh Shalih Fauzan bin Fauzan: “Pada hari Tasyriq, terkumpul di dalamnya kenikmatan jasmani dan hati bagi seorang mukmin. Nikmat jasmani dengan menikmati makanan dan minuman sedangkan nikmat hati dengan berdzikir dan bersyukur.”

Dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, “Disyariatkannya melapangkan (kesenangan) untuk keluarga pada hari-hari raya dengan berbagai hal yang membuat kenyamanan jiwa, peristirahatan badan dari beban ibadah. Dan bahwa menampakkan kebahagiaan di hari-hari raya adalah merupakan syiar agama.”

Roghib Al Ashbahani menegaskan, “Hari raya digunakan untuk bersenang di sepanjang harinya.” (Lihat Mirqoth al Mafatih, Al Mulla Al Qory)

Doa ini yang paling banyak dibaca Rasulullah saw pada Hari Tasyriq.

“Allahumma Robbana atina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar”

[Wahai Allah, Rab kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].”

Alhamdulillah, untuk memaknai Idul Adha ini saya dan Hafi silaturahim ke adik saya yang baru pindah di Bandung dan melaksanakan Shalat Idul Adha disana.

Guna melaksanakan Sunnah Nabi di Hari Tasyriq dengan bersenang senang bersama keluarga, pada hari ketiga Tasyriq saya dan Hafi bersama adik semua jalan jalan ke Farm House Lembang.

Tempatnya bagus dan instagramble, banyak tempat bagus untuk foto selfie atau wifie, namun kurang tempat duduk untuk bersantai bersama keluarga, jadinya kami keliling semua lokasi farm sampai capek dan memilih makan diluar yang lebih murah.

Saran saya, jangan datang terlalu siang, selain cuacanya yang panas, nyaman lebih pagian dikit, selain gak panas, orang yang ingin foto belum terlalu banyak.

Beberapa foto kami saya simpan di IG agar takhilang. Semoga liburan teman teman blog juga menyenangkan dan penuh hikmah bersama keluarga.