Bagi pengguna WordPress.com pasti sudah terbiasa menggunakan tombol berbagi ke sosial media seperti Facebook dan Twitter karena terbukti sangat memudahkan kita berbagi secara otomatis kepada anggota pertemanan di sosmed kita.

Kabar terbaru dari WordPress bahwa mulai awal Agustus ini, berbagi langsung dari Facebook lewat Publicize sudah tidak digunakan lagi, sebagaimana ditulis Mark Armstrong di blognya.

Kalau di Twitter sudah beberapa minggu ini saya dapatkan ketika menjadi admin dan membuka blog, di atas twitter tertulis keterangan, mulai 27 Juli 2018 tapak masa twitter takbisa menampilkan twit lagi.

Lalu bagaimana kita mau sharing ke FB atau twitter? Kembali ke cara lama yaitu dengan mencopas tautan dan membaginya di laman Facebook dan Twitter.

Bagi saya ini menjadi tantangan baru agar kita tidak langsung mencopas tautan dan membaginya, terkadang pembaca merasa terganggu dengan tautan kita dan kalau kita berikan sedikit kalimat yang membuat rasa ingin tahu, barangkali mereka tertarik membaca lebih jauh.

Data Statista 2016 mengungkapkan bahwa dalam mengkonsumsi berita, 41 persen responden dunia mengaku bahwa mereka hanya membaca daftar judul saja. Jumlah ini tentu cukup besar.

Selain itu, ILScience.com pernah melakukan uji coba perihal pembagian tautan di media sosial. Sebuah artikel berjudul Marijuana Contain ‘Alien DNA’ From Outside Of Our Solar System, NASA Conforms yang mereka buat, tapi tidak mengandung pembahasan soal DNA, alien, atau ganja dalam isi artikel, tapi justru telah dibagikan hingga lebih dari 160 ribu kali di media sosial.

Ini menandakan bahwa orang-orang yang membagikan berita tersebut tidaklah benar-benar menyimak isi artikel. Maka dengan memberikan sedikit keterangan artikel, barangkali lebih banyak mengundang pembaca.

Keep blogging. []