Selamat Datang Musim Semi Kebaikan


Selamat datang Ramadhan
Selamat datang Ramadhan

Menangkanlah rukun ketiga
Menangkanlah perang yang besar
Menangkanlah jihad yang akbar

Berhimpunlah di Padang Do’a
Tarawih, zikir dan itiqaf
Petik bunga-bunga ibadah

Bertaburan nikmat karunia Illahi
Sepanjang bulan Ramadhan
dan Malam Seribu Bulan.

(Bimbo – Selamat Datang Ramadhan)

Setiap kali datang Ramadhan hati kita berbunga-bunga menyambutnya. Jika para pencinta dan seniman menantikan datangnya musim semi, untuk menemukan kekasih atau menggubah syair-syair indah, maka para ahli ibadah dan ahli akhirat menantikan datangnya bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan bagi mereka adalah musim semi kebaikan; mereka menyiapkan diri menyambutnya, seperti menyiapkan diri menyambut sang kekasih. Mereka menyiapkan pikiran, jiwa dan raga mereka, mereka melakukan puasa-puasa sunnah sepanjang bulan Rajab dan Sya’ban, dan berdoa agar diberkati Allah di sepanjang bulan-bulan itu serta diberi umur untuk sampai ke bulan Ramadhan.

Mereka menyiapkan harta benda mereka, menabung sebanyak mereka bisa untuk dapat berinfaq bagi kaum dhuada dan memberikan makanan buka puasa bagi mereka yang berpuasa di sepanjang hari-hari Ramadhan yang penuh berkah, rahmat dan maghfirah.

Selama bulan Ramadhan mereka menata diri mereka kembali, mengevaluasi kehidupan mereka selama setahun, menyusun rencana kehidupan yang lebih shalih untuk tahun mendatang. Memperbaiki hubungan-hubungan sosial yang rusak atau kurang sebelumnya, baik dengan keluargam, tetangga, kerabat serta sahabat mereka.

Ramadhan bagi mereka adalah stasiun penghentian, tempat mereka mereguk energi kehidupan setelah kelelahan kerja sepanjang tahun. Di sana mereka mengasah ruh mereka yang mungkin tumpul oleh tumpukan beban dan pengaruh dunia, memperkuat kesadaran mereka akan hari akhirat kemana mereka menuju, mempertajam fokus mereka pada amal-amal shalih yang kelak akan mengantar mereka ke surga, memperkuat silaturahim untuk menjaga keutuhan sosial mereka sebagai lingkungan kebajikan yang menjadi wadah amal shalih mereka.

Begitulah mereka, para ahli ibadah dan ahli akhirat dari kalangan Sahabat Nabi dan para Tabi’in serta orang-orang shalih yang mengikuti jejak mereka. Dan begitu pulalah seharusnya kita menyambut Ramadhan.

Semoga Ramadhan ini kita menjadi lebih baik lagi …

@JumalAhmad di Masjid Al-Hikmah Jagakarsa

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: