Tips Menyumbangkan Buku Bacaan yang Baik


Dua bulan ini saya menjadi penanggung jawab bantuan Pakaian layak pakai dan buku untuk pedalaman Mentawai. Program ini sudah terlaksana tiap tahun oleh Aksi Peduli Bangsa, bahkan tahun ini kami dua kali mengirimkan Pakaian ke pedalaman Mentawai yaitu bulan Maret dan awal Desember ini.

Alhamdulillah banyak masyarakat baik perorangan, yayasan atau jamaah masjid yang ikut serta memberikan donasinya.

Kaidah memberi dalam Islam adalah memberikan yang terbaik sebagaimana firman Allah SWT: “Kamu sekali-kali tidak sam­pai kepada kebajikan, sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS.Ali Imran [3] :92)

Ayat ini bisa menjadi panduan kita dalam memberikan donasi atau sumbangan bahwa yang kita donasikan adalah harta yang terbaik atau barang-barang/harta yang paling dicintai oleh kita bersama. Bukan memberikan sesuatu yang kita sendiri sudah tidak kita pakai dan sudah tidak kita sukai karena barang tersebut sudah lama, rusak dan sudah tak berharga lagi bila dijual.

Ketika kami mensortir Pakaian, masih banyak yang memberikan Pakaian tak layak pakai seperti sobek, bau bahkan dalaman pun juga dikasih, meskipun demikian banyak sekali yang memberikan bantuan Pakaian yang sudah dilaudry dan disetrika.

Adapun buku yang diharapkan pada donasi buku ini adalah buku baru atau buku bekas dengan kondisi minimal 90% (masih pantas untuk dihadiahkan). Jenis buku bisa berupa buku bacaan Islami untuk anak-anak SD, buku-buku agama Islam, Al Qur’an, Iqro’, buku pelajaran dan buku tentang kisah-kisah inspiratif.

Selanjutnya, berikut ini tips berdonasi buku yang bisa menjadi acuan sederhana.

Jangan Memberikan Buku yang Rusak

Memberikan yang terbaik itu anjuran agama seperti yang kami sampaikan sebelumnya, maka jika kita memberikan buku dalam keadaan rusak, itu hanya akan menyusahkan panitia dan yang menerima pun akan kecewa.

Jangan Merepotkan Panitia

Jika anda memberikan donasi buku yang rusak fisiknya, hanya akan merepotkan panitia donasi buku yang semestinya bisa digunakan untuk hal lain.

Sortir Buku

Lebih baik lagi anda sortir Buku yang akan didonasikan, pilih lah yang terbaik dan layak dari buku buku anda, dan itu sangat membantu panitia agar tidak repot repot lagi mensortir buku.

Konfirmasi

Terakhir, anda konfirmasi kepada panitia buku apa saja yang bisa didonasikan, alamatnya mana dan dengan apa bisa dikirimkan.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat. Terima kasih. Kami tunggu donasi anda.

Kirimkan ke alamat di flyer ini.

2 Responses


  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.js
    https://polldaddy.com/js/rating/rating.jshttp://i0.poll.fm/js/rating/rating.jsHeran jg ya, org2 kok bisa ngsih sstu yg gak lyk pakai, bau lg, apalagi celana dalam bkas, waduh….😂😀😇😇😄😄😈😈
    Nah, klau buku sih, spnjang masih bisa utk dibaca, msh bisa ditolerir.
    Tp stuju mas, berilah yg terbaik, jngan sisa aplgi yg gak lyak.

    Like

    • Itu kasus mas Des, gak semua gitu juga.

      Hari ini saya mengumpulkan bantuan Pakaian dan Buku di salah satu masjid di Jakarta, alhamdulillah gak sedikit yang memberi baju baru dan tas baru.

      Rencana awal Desember bantuan akan kita bawa dengan truk besar dari Jakarta ke Siberut Selatan dan diletakkan di posko Aksi Peduli Bangsa disana selanjutnya disebarkan di Pedalaman Mentawai, semua warga tanpa memandang background Agama.

      Mohon doanya mas Des dan teman blog lainnya agar amanah bantuan bisa sampai tempat dengan lancar.

      Like

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: