Tentang Denda Pasal 7 KUP yang Dikirim ke Rumah


Beberapa bulan yang lalu saya pernah menuliskan tips dan pengalaman membayar pajak via pos di link ini, alhamdulillah banyak yang terbantu karena banyak yang mengunjungi halaman tersebut.

Nah, sekarang saya ingin membagikan pengalaman kemarin tentang perpajakan yaitu ada Surat dari KPP Magelang dikirmkan ke alamat rumah di Prampelan, Kaliangkrik, Magelang. Saya tahu hal itu ketika kemarin lusa Bapak saya telpon dan memberitahukan ada surat dari KPP Magelang untuk saya, lalu saya minta tolong ke beliau untuk mengirimkan gambarnya via WA.

Surat ini terbit tanggal 11 September dan jatuh tempo sampai pada tanggal 10 Oktober kemarin dan surat itu baru sampai di rumah awal November kemarin ๐Ÿ˜… inilah resiko tinggal di gunung, biasanya Surat untuk desa say dikumpulkan di pos sampai banyak dan baru nanti ada petugas desa yang mengambil suratnya dibawa ke desa, jadi harus dimaklumi.

Saya mencoba mencari informasi tentang denda pasal 7 KUP, beberapa tulisan menyebutkan Denda pasal 7 KUP = Denda karena telat lapor, kemungkinan saya telat lapor SPT PPN. Batas Lapor PPN setiap akhir bulan berikutnya. Dan saya terkena denda Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak orang pribadi.

Ada yang menawarkan solusi dengan menanyakan kepada pihak Pajak, tunjukkan tanda terimanya bahwa kita lapor dengan tepat waktu, klo oke, baru buat permohonan pembatalan STP sesuai dengan pasal 36 UU KUP, selama tidak diajukan pembatalan STP, maka STP tersebut tetap mempunyai kekuatan hukum yang bisa ditagih dengan PPSP.

NPWP adalah identitas pribadi wajib pajak dalam bidang perpajakan, jadi masih bekerja atau tidak bekerja, selama NPWP tersebut masih berstatus aktif kita WAJIB melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi. Jika ada surat datang ke rumah yang berisi tagihan Rp. 100.000 itu adalah STP (Surat Tagihan Pajak) atas keterlambatan/tidak lapor SPT tahunan. Jadi solusinya adalah segera bayarkan STP tersebut, dan laporkan SPT bapak ke KPP terdaftar atau melalui e-filling.

Yang saya heran adalah, kenapa saya diminta bayar pajak, padahal saya sudah mengirimkan Surat pajak via pos?

surat tagihan yang dikirimkan ke rumah.

bukti kirim SPT Pribadi via POS

Ini sharing info saya, ada perkembangan atau info baru akan saya tambahkan disini. Terima kasih.

Update

Hari ini mendapatkan info dari orang tua di rumah kiriman surat dari kantor pajak kanwil DJP Jawa Tengah II yang ditembuskan juga ke KPP Pratama Magelang tentang penghapusan sanksi administrasi atas Surat tagihan pajak karena permohonan wajib pajak.

IMG_20180425_192354.jpg

11 Responses

  1. Sepertinya njenengan denda pasal 7 kup karena dianggap tidak lapor SPT pph tahunan bukan spt ppn mas.

    Kalau lapor via pos bisa jadi belum direkam karena tumpukan spt via pos. Akibatnya belum masuk database kantor pajak. Makanya saya sarankan tahun depan njenengan lapor spt tahunan online saja kalau memungkinkan

    Solusinya ya seperti yang sudah disebutkan

    Like


  2. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jshttps://polldaddy.com/js/rating/rating.jsSetuju sama komen di atas Mas, lebih aman lapor SPT Tahunan via online. Tapi memang harus ke KPP untuk ngurus Efin nya dulu.
    Kalau sudah muncul surat denda begini mau ga mau harus dibayar. Terus dilaporkan lagi ke KPP.

    Like

  3. [โ€ฆ] saya pernah menuliskan tentang surat denda pasal 7 KUP yang dikirimkan ke rumah di link ini, alhamdulillah banyak tanggapan dari para pembaca salah satunya Mbak Ikha dan mas Kondangan yang [โ€ฆ]

    Like


  4. https://polldaddy.com/js/rating/rating.js
    https://polldaddy.com/js/rating/rating.jshttp://i0.poll.fm/js/rating/rating.jssetelah mendaoatkan bukti bayarnyaโ€ฆkita kemana lagi yah ???
    Apakah harus lapor lagi ke KPP ???

    Like

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: