Kesalahan Umum Penulisan HUT/ Milad Lembaga dan Instansi


Kali in saya mau share ilmu yang baru saya dapatkan sore ini di kelas Bahasa Arab tentang penulisan ulang tahun (anniversary) lembaga, intansi dan penulisan HUT yang sesuai kaidah bahasa.

Penggunaan Kata ‘Milad

Milad adalah Bahasa Arab yang memiliki arti lahir, kata ini hanya digunakan untuk manusia saja, maka salah jika kita menggunakan kata Milad untuk selain manusia. Misalnya Milad ke 50 Yayasan Syarif Hidayatullah.

Ini termasuk kesalahan yang sudah umum (خطاء شائع) di Indonesia, dan hendaknya mulai di rubah dengan tata bahasa Arab yang benar yaitu:

Kata ملاد diganti dengan ذكرى مرور

Contohnya:

Peringatan berdirinya Yayasan Syarif Hidayatullah ke 50

– ذكرى مرور خمسين عاما تأسيس مؤسسة شريف هداية الله

Ulang tahun ke 50 juga bisa menggunakan kata: خمسينيات

– ذكرى خمسينيات على تأسيس الجامعة شريف هداية الله

Peringatan tahun Emas ( Golden Age) bisa menggunakan kata: ذكرى ذهبية

Berikut ini contoh penggunaan ذكرى مرور dalam bahasa Arab dan Anniversary dalam bahasa Inggris.

الثلاثاء هو ذكرى مرور خمسة شهور على علاقتنا

Tuesday is our fifth month anniversary.

وأعرب المتكلم عن أمله في أن تعتمد الجمعية العامة التعديلات خلال العام الجاري، وهو ما سيتزامن مع ذكرى مرور خمسين سنة على إنشاء المحكمة.

He hoped that the General Assembly would adopt the amendments during the coming year, which marked the fiftieth anniversary of the Tribunal.

وبمناسبة ذكرى مرور 15 عاماً على اعتماد إعلان ومنهاج عمل بيجين، أعدت اليونيسيف ورقة بعنوان “بيجين + 15: تسليط الضوء على البنات”.

To mark the 15th anniversary of the adoption of the Beijing Declaration and Platform for Action, UNICEF produced a paper entitled “Beijing+15: Bringing Girls into Focus”.

Selain dalam bahasa Arab, penulisan HUT terkadang kita salah menulis dan tidak sesuai dengan kaidah. Di antara bentuk kesalahannya adalah:

1. Penggunaan Kata Dirgahayu

Sering ditulis “Dirgahayu HUT ke-70 RI”. Ini salah, sebab menurut Kamus BEsar Bahasa Indonesia, kata “Dirgahayu” berarti “semoga panjang umur”. Jadi yang benar adalah cukup “Dirgahayu RI”.

2. Penulisan “Ke-70”

Sering salah ditulis dengan “ke 70” yang benar adalah “ke-70” (dengan strip). Jika menggunakan angka Romawi, sering diulis “keLXX”, yang benar cukup ditulis LXX (angka Romawi untuk 70) karena angka Romawi sebenarnya sudah menunjukkan keberapa atau urutan.

3. Peletakan Kata “Ke-70”

Kesalahan yang sering terjadi adalah peletakan kata “Ke-70”. Sering salah ditulis “Selamat HUT RI Ke-70”. Kesalahannya jika ditulis seperti ini maka hal tersebut berarti ada negara RI ke-1 sampai ke-70, padahal negara RI kan cuma satu. Jadi yang benar adalah “Selamat HUT Ke-70 RI” atau boleh juga “Selamat HUT Ke-70 Kemerdekaan RI”.

Semoga sedikit catatan kecil ini bermanfaat. 🙏🙏🙏

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: