Aplikasi Android Al-Quran Indonesia untuk Membaca, Menghafal dan Mengulang Hafalan Al-Quran


Saya berharap pembaca bisa menshare informasi ini, sebuah aplikasi di Android yang sangat membantu kita untuk membaca, menghafal dan mengulang Al-Quran.

Pertama kali mendapatkan info aplikasi ini dari Ust Arifin Jayadiningrat setelah beliau mencoba semua aplikasi Al-Quran di Android dan beliau temukan aplikasi inilah yang paling baik dan beliau uninstal semua aplikasi Al-Quran selain ini.

Appbrain menyebutkan Andi Unpam sudah aktif menjadi developer Android sejak tahun 2012, dia sudah membuat 16 Apps yang keseluruhan sudah diunduh sekitar 10 juta orang, dua aplikasi paling sering diunduh adalah kamus Inggris dan Al-Quran Indonesia yang sedang saya review ini. Aplikasi Al Quran yang dikembangkan oleh Andi Unpam ini memiliki ciri khas disain minimalis dan rapih.

Bagi yang ingin membaca Al-Quran saja dan lupa membawa kitab Al-Quran, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Di antara kelebihannya.

  • Ditulis dengan rasm indo pak yang familiar bagi mata orang Indonesia dan rasm Usmani artinya sesuai dengan penulisan Al-Quran yang sudah umum.
  • Ada tampilan per halaman dan tampilan persurah dan memungkinkan bagi anda until mengundih file audio yang bisa dibaca meskipun tanpa koneksi internet.
  • Al-Qur’an digital untuk Android dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.
  • Mengadopsi tampilan antar muka yang user friendly, sehingga mudah digunakan.
  • Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sering berpergian, tetapi lupa membawa kitab suci Al-Qur’an.
  • Selain teks Al-Qur’an dengan terjemahannya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan latin (transliterasi), khusus untuk Anda yang belum bisa membaca Al-Qur’an.
  • Jadwal sholat yang update sesuai dengan koordinat lokasi kita berada. Jadwal sholat ini juga bisa diatur sebagai alarm yang siap mengingatkan kita pada waktu-waktu shalat.
  • Aplikasi yang 100% gratis ini hanya membutuhkan space sebesar 47.33MB.

Selanjutnya mari kita bahas fitur Al-Quran Indonesia yang membantu membaca dan menghafal Al-Quran.

Ini tampilan huruf Al-Quran, Latin dan Bahasa Indonesianya.

Font Arab yang digunakan adalah Indo Pak yang sesuai dengan mata Indonesia dan berasal dari Pakistan. Font ditulis oleh Yameen Dehlvi, Shafiq-uz-Zaman dan Mohammed Saleem yang terinspirasi oleh hasil karya Shafiq-uz-Zaman, pakar kaligrafi di Masjid Nabawi.

Selain Rasm IndoPak, aplikasi ini juga menyediakan Rasm Utsmani, Rasm Utsmani adalah Rasm yang biasa digunakan pada Al-Qur’an di Madinah.
Yang membedakan Rasm IndoPak dengan Utsmani adalah hanya penulisannya saja, bunyinya tetap sama. Salah satu contoh perbedaannya adalah pada hukum bacaan tajwid Idgham Bighunnah, di Rasm Utsmani tidak ada tanda tasydidnya (tanda tasydid itu yang seperti huruf w di atas huruf Arabic yang berhukum tajwid Idgham Bighunnah), misalnya huruf Nun mati bertemu huruf Ya, maka tanda tasyididnya tidak ada (pada Rasm Utsmani tulisannya terlihat Faman ya’mal, padahal dibacanya adalah Famayya’mal)

Anda bisa membaca Al-Quran dengan bahasa Arabnya langsung atau anda yang sedang belajar membaca Al-Quran dengan huruf latinnya saja, dan saya sarankan anda unduh dulu file audionya, jadi sambil membaca Al-Quran anda juga bisa memperbaiki bacaan lewat audio yang diputar.

Fitur yang membantu mengulang hafalan adalah yang paling saya suka, dan bagi anda yang baru pertama menghafal juga bisa pakai fitur ini.

Fitur ini ada di bagian pengaturan yang terletak di bagian bawah layar.

Saya contohkan di atas, saya ingin menghafal Surat Albaqarah dari ayat 1-5, saya ulangi perayat 3 kali dan secara keseluruhan dari ayat 1-5 sebanyak 5 kali. Pengaturan jumlah pengulangan terserah anda, dengan cara seperti ini langkah menghafal Al-Quran jadi lebih mudah.

Al-Qur’an ini dibuat dari data berupa file teks dan file audio berformat mp3 yang digabungkan dan diproses menjadi sebuah aplikasi Al-Qur’an digital yang dapat berjalan di platform Android. Data pada aplikasi ini diperoleh dari sumber yang terpercaya, yang mana berasal dari para ulama-ulama dan syaikh-syaikh Internasional dan dikembangkan oleh para developer konten Al-Qur’an seluruh dunia. Misi mereka adalah dakwah untuk menyebarkan pesan Islam dan Al-Qur’an ke seluruh pelosok bumi.

Sumber data file-file teks untuk Al-Qur’an dan terjemahannya: Dari Tanzil International Qur’anic Project http://tanzil.net
Sumber data file-file audio murottal: Dari Every Ayah http://everyayah.com

Dikarenakan ini adalah aplikasi digital, maka janganlah aplikasi ini dijadikan 100% sebagai referensi Anda, aplikasi ini hanyalah alat untuk membantu Anda menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan memahami isinya dengan bahasa Indonesia ketika tidak membawa mushaf cetakan. Kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan Al-Qur’an versi mushaf cetakan, karena yang namanya data teks yang dihasilkan oleh ketikan pasti tidak 100% akurat, akan ada beberapa kesalahan ketik/typo, jadi jika Anda menemukan kesalahan seperti “kebaikn” yang seharusnya “kebaikan”, dll.

Sekian ulasan dari kami, bantu developer memperkenalkan aplikasi ini dengan menyebarkan sms atau status Sosmed berikut: * Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com atau langsung dari aplikasi anda.

Sumber:

http://quranforandroid.com/alquran-indonesia

https://www.appbrain.com/dev/Andi+Unpam/

http://pakdata.com/products/arabicfont

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: