Pengaruh Serial Payitaht Abdul Hamid Terhadap Narasi Sejarah Turki


Selama bebera dekade ini, Industri Film dan pertelevisian di Turki telah mengalami perkembangan yang signifikan, membuat opera sabun terkenal di Turki dan sekitarnya khususnya daerah Timur Tengah. Selain itu serial dibuat dengan penuh rasa kekeluargaan dimana rentang filmnya 2-3 jam dengan iklan sehingga keluarga di Turki bisa menonon bersama ketika malam hari. Serial ini mulai tayang sejak 24 Februari di layar kaca TRT-1 Turki.

Berkenaah Abdul Hamid, masyarakat Turki terbagi menjadi dua golongan, a) pro-Barat dan anti sejarah Abdul Hamid dan b) pro Sejarah Abdul Hamid.

Necip Fazıl Kısakürek, dosen di Universitas Ankara yang mempelopori narasi sejarah Abdul Hamid II. Anti sekuler yang sempat masuk penjara atas kritikannya terhadap sistem politik sekuler.

Untuk memahami politik Turki maka menurutnya penting sekali mempelajari Abdul Hamid II, dia terkenal dengan perkataannya, “Understanding Abdülhamid is the key to understanding everything” (“Abdülhamid’i anlamak herşeyi anlamak demek olacaktır”). Guna mentargetkan masyarakat Turki lebih luas, pemerintah Turki menggunakan media TV, billboards dan sosial media.

Pada episode awal Payitaht digambarkan Ratu Sabahattin sebagai seorang pengkhianat yang ingin meruntuhkan khilafah atas nama ‘kebebasan’. Untuk mengatasi ancamannya, Sultan Abdul Hamid berusaha sedaya upaya menjaga khilafah dari dalam seperti Ratu Sabahattin dan dari luar yaitu kekuatan super power yang mengontrol dengan misterius.

Serial ini juga mengisahkan bagaimana Ratu Sabahattin dan para pengikutnya berkolaborasi dengan Zionis dan Yahudi dan digambarkan sebagai persekutuan yang ingin menghancurkan khilafah.

Pendiri Zionis bernama Theodore Binyamin Ze’ev Herzl, digambarkan sebagai pemimpin ambisus yang ingin mendirikan negara Yahudi ‘dari Nil sampai Eufrat’.

Banyak sekali yang menyaksikan serial ini menganggap isinya sesuai dengan sejarah yang sebenarnya terjadi.

Sumber:

Decoding the “Payitaht Abdülhamid” oleh Hay Eytan Cohen Yanarocak Jurnal Turkeyscope Vol. 1, No. 5, Maret 2017

Download Pdf

*Ingin menonton cuplikan film Payitaht Abdul Hamid? Silahkan follow IG-nya di @payitahtdizi dengan bahasa Turki dan @ar_payitaht dengan bahasa Arab.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: