Menulis di blog memiliki fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan profil yang dibuat di media sosial seperti facebook, linkedin, twitter, Google +, dan banyak yang lain. Menulis di blog bisa menjadi satu cara mengelola ilmu pengetahuan (knowledge management) ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan di simpan di blog, sehingga memudahkan kita mencarinya sewaktu dibutuhkan.

Seperti yang saya ceritakan kemarin, setelah beberapa waktu nge-blog, Saya berencana membuat blog sederhana ini lebih bagus, salah satunya dengan berpindah tema, dan saya memilih tema GeneratePress yang dikenal ringan dan simpel.

Tidak semudah yang dibayangkan, tema GP ini gak ada di daftar tema yang free di dashboard WP, saya harus membelinya dari pihak luar.

Ketika istri mengetahui rencana saya ganti tema blog, dia bertanya, “Kenapa tidak sekalian upgrade menjadi .com? Kan kalau .com keren”

Dan jawaban saya: “Ya akhiran .com keren.. Tapi saya merasa merasa belum butuh pindah jadi.com. Saya berpikir tiap tahun kita harus menyisihkan uang tahunan untuk membayar jasa sewa hosting dan lebih jauh lagi, kalau saya meninggal nanti, siapa yang mau membayar untuk perpanjang domain? Kalau tidak ada yang bayar domain nanti tulisan saya hilang.

Saya ingin blog sederhana ini tetap ada walaupun saya sudah meninggal, biar bisa dibaca anak cucu dan siapa tahu tulisan saya jadi amal jariah. Jadi saat ini masih bertahan dengan wordpress.com.” []