Pindah Tema Blog dari Digg 3 Column ke GeneratePress


Sejak awal menggunakan blog saya sudah memakai tema Dig Column dengan pertimbangan tampilan background putih, sederhana dan punya 3 kolom. Alhamdulillah belum ada komplain dari saya atau pembaca. Seiring pembaca yang semakin bertambah saya ingin merubah tema blog ke tema yang lebih ringan dan cepat.

Memilih sebuah tema kadang cukup menghabiskan waktu. Banyak hal yang menjadi acuan, mulai dari macam themes yang ingin kita gunakan (blogging, magazine atau fotografi), posisi dan jumlah widget, header, jenis huruf hingga faktor pribadi seperti warna kesukaan. Saya konsultasikan perpindahan thema pada teman saya mas Vatih Ibrahim, dan dia usulkan kepada saya untuk mengganti tema ke GeneratePress.

Setelah googling saya mendapatkan keterangan bahwa Generate Press adalah tema WordPress yang cepat, ringan (kurang dari 1MB di-zip), responsive menyesuakan mobile dengan menitik beratkan pada kecepatan, SEO, dan kemudahan penggunaan. GP dapat dipakai sebagai dasar yang kokoh untuk pembuatan website apa saja, dan bekerja dengan sangat baik dengan berbagai page builder favorit.

Dibuat oleh Tom Usborne, seorang suami dengan satu anak bernama Leah yang tinggal di Vancouver, menjadi bagian dari WP 8 tahun yang lalu dan membuat web sejak umur 11 tahun.

GP ini merupakan hasil pengalamannya membantu para pengguna menggunakan website, dan akhirnya dia kumpulkan semuanya di web GP ini. GP sudah diunduh oleh lebih dari 500 ribu unduhan, rating bintang di WordPress.org dan punya lebih dari 15.000 customer.

Melihat review yang bagus ini saya jadi semangat untuk ganti tema, namun sayang waktu buka lama tema di dashboard tema ini tidak tampil. Saya sedang menanyakan mas Vatih bagaimana mengganti tema ke GP, kalau tidak free dan harus berbayar bagaimana syarat dan ketentuannya, menimbang saya belum pernah menggunakan tema yang premium dan berbayar.

Terakhir, saya mendapatkan info tips memilih tema WordPress Premium, semoga bisa bermanfaat jika ada pembaca yang ingin menggunakan tema premium.

Harga Themes

Ada baiknya sebelum menentukan pilihan kita juga memperhatikan harga themes yang akan kita beli. Agar jika kita nanti kecewa dengan performa themes itu kita tidak terlalu merasa kecewa.

Kemudahan Customisasi

Themes premium dari berbagai developer hadir dalam bermacam keunggulan masing – masing yang ingin ditonjolkan developernya. Salah satu hal yang pastinya ingin kita lakukan pada themes yang kita beli adalah kustomisasi designnya agar lebih mencerminkan identitas kita. Pastikan themes yang menjadi incaran kita sudah mendekati themes yang kita inginkan. GeneratePress termasuk themes yang punya kemampuan kustomisasi yang flexible.

Komunitas yang Besar

Tiap developer Themes WordPress Premium memiliki user yang berbeda – beda. Salah satu penanda sebuah themes bagus atau tidak adalah dengan melihat jumlah pengguna produknya. Bisa dibuka infonya di WordPress.org.

Sekian info rencana perpindahan tema blog saya, sampai nanti pindahan saya tetap bertahan dengan Digg 3 Coloumn.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: