Al-Aziz Islamic Boarding School adalah lembaga pendidikan Islam dengan jenjang pendidikan setara SMA (Madrasah Aliyah/MA) dengan masa belajar selama 3 tahun.

Berdiri mulai tahun 2015 di bawah naungan Yayasan Azis Abubakar Syarif. Al-Aziz Islamic Boarding School ini dirancang khusus untuk melahirkan generasi Qur’ani yang menguasai ilmu Syar’i, menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris, menguasai sains dan teknologi, memiliki daya juang dan ketahanan fisik, memiliki semangat berdakwah, berkhidmat kepada ummat dan memiliki jiwa dan kemampuan kewirausahaan yang baik.

Implementasinya adalah melalui sistem pendidikan Islam yang memadukan kurikulum formal dengan kurikulum non formal yang berbasis pesantren dan berasrama (Boarding), dengan dukungan Sumber Daya Manusia yang menguasai Bidang Pendidikan Umum, Pendidikan Islam, Tahfizh Al Quran, Manajemen, Teknologi, Beladiri, Survival, Vokasional, Ekstrakurikuler dan Wirausaha.

Al-Aziz menggunakan program project based learning (PBL) yaitu basis penelitian dalam setiap pembelajaran yang dilakukan sehingga siswa menjadi kreatif dan calon entrepreneur masa depan.

Salah satu misi dan cita-cita pesantren Al-Aziz adalah melahirkan siswa berkarakter qurani, berakhlak mulia, cerdas, memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship.

Dari sisi tempat. Suasana di pesantren Al-Aziz cocok untuk menghafal Alquran karena tempatnya yang sejuk, jauh dari hingar bingar kota dan membuat suasana fokus menghafal.

Saya pernah berkesempatan mengunjungi pesantren Al-Aziz dan meneliti lebih jauh konsep integrasi pesantren dan sekolah disana dan kegiatan harian para santri. Catatan perjalanan saya tulis di tautan ini.

Laporan hasil kunjungan ke Pesantren Al-Aziz saya tulis dalam makalah berjudul ‘Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren di SMA Al-Aziz Islamic Boarding School Bandung Barat’. Makalah bisa dibaca di akun researchgate saya di sini.

Website: al-aziz.sch.id