Bahana merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi oleh setiap individu untuk menciptakan komunikasi antar individu. 

Kamus online Almaany, paling lengkap saat ini dan banyak dipakai para penuntut ilmu baik kyai, ustadz, santri dan mahasiswa, sudah ada dalam 9 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Ketua Pusat Bahasa di UIN Jakarta menyarankan (rekomendasi) aplikasi ini bagi mahasiswa yang ingin mencari makna atau terjemah kosa kata Bahasa Arab.

Menggunakan kamus online ini sangat mudah, Anda cukup menuliskan kata bahasa Arab dalam kotak yang telah tersedia. Atau menuliskan beberapa huruf awal yang dimaksud sehingga muncul kata kata perkiraan yang sudah ada di bank data. Pilih kata yang dimaksud, dan tekan tombol enter untuk mendapatkan terjemahnya.

Keunggulan kamus ini dibanding dengan kamus online lainnya, diantaranya:

  • Navigasi mudah
  • Kamus online Almaany didukung dengan sembilan bahasa asing, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Portugal, Turki dan Persia, Asbania, Almania dan Indonesia.
  • Tampilan bahasa bisa diubah sesuai sembilan bahasa di atas, tidak terbatas bahasa Arab.
  • Hasil pencarian seperti thesaurus, menampilkan kosakata semakna (sinonim).
  • Berbasis referensi kamus klasik dan modern.
  • Hasil pencarian diklasifikasikan secara sistematis, (1) kelas kata (kata kerja, kata benda, kata sifat atau keterangan); (2) makna kata sesuai kelas kata; (3) sinonim dan istilah dengan penjelasan kategorinya.
  • Tersedia laman istilah dalam bidang tertentu, seperti istilah kimia, kedokteran, dan lain-lain.
  • Laman download kamus ebook.
  • Forum diskusi, fungsinya mengakomodasi istilah kontemporer terbaru yang belum ditemukan dalam pencarian untuk didiskusikan dengan sesama pengguna. (WAJAN).
  • Dalam mengartikan bahasa arab ke bahasa arab, website ini menggunakan beberapa referensi, yaitu: mu’jam al’itishab, mu’jam al wasith, mu’jam al ghany, mu’jam allughah al arabiyah al mua’ashirah, mu’jam al mukhtar as shihhah, mu’jam mustalah al fiqhiyah, mu’jam ma’ani al asma’ dan mu’jam al ashwat.
  • Dalam website ini juga terdapat pengertian-pengertian kalimat al quran yang diambil dari beberapa tafsir, seperti tafsir jalalain, mu’jam kalimat al quran (Syaikh Muhammad Husnaini al Makhluf dan) tafsir Muyassar.

Fitur lain selain bahasa.

  • Kalimaat Alquran‘ yang bisa membantu kita mencari kata dalam Alquran, mirip seperti Alfanous search engine.
  • Muradif dan Mudhodh yaitu mencari sinonim dan antonim kata bahasa Arab.
  • Ma’ani Asmaa’ yaitu mencari arti nama nama seperti arti Safwah, Ghani, Zaki dan lainnya. Cocok buat rujukan mencari nama atau arti nama anda atau putra putri anda.
  • Fawaid Lughawiyah, disini kita bisa belajar dan mengetahui makna beberapa istilah dalam bahasa Arab, karena luasnya bahasa Arab satu kejadian atau sesuatu bisa dimaknai dengan beberapa makna seperti Annu’as, Azzafiir dan lainnya.
  • Aqwal Ma’tsurah atau Quote juga ada, diambil dari perkataan sahabat, tabiin dan para ulama. Cocok buat rujukan anda belajar quote islam dan bahan update sosial media.

Itulah beberapa kelehihan Almaany.

Rekomendasi lain berdasarkan penelitian menggunakan instrumen angket telah dilakukan pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang tentang penggunaan kamus Al Maany, kesimpulan penelitian tersebut menyatakan adanya respon positif dari mahasiswa dalam menggunakan aplikasi ini. Maka baik sekali jika aplikasi ini digunakan bukan hanya mahasiswa, namun juga para santri di pesantren yang sedang belajar bahasa Arab. Di Pesantren yang belum mengizinkan adanya menggunakan smartphone bisa menggunakan Al Maany dari desktop.

Kamus Online Al Maany

Kamus Al Maany dalam bahasa Indonesia bisa dikunjungi tautan berikut:

https://www.almaany.com/dicpdf.php?language=indonesian

Nampak tampilan web seperti ini.

almaany

Kamus Al Maany di Play Store

Masuk Playstore ketikkan kata “Almaany” pada kotak pencarian yang ada di posisi paling atas (seperti di gambar bawah ini) atau Anda langsung unduh aplikasinya di tautan berikut; https://play.google.com/store/apps/details?id=com.almaany.arar

hqdefault

Ada yang menanyakan kepada saya, perbedaan Almaany dengan google translate atau sederet.com.

Almaany lebih akurat menurut saya untuk dijadikan rujukan terjemah baik dari arab ke arab atau arab ke Indonesia, database yang besar dan referensi yang kuat menjadi kelebihan Almaany. Namun, kalau hanya mencari kata kerja harian tentu kita lebih familiar dengan google translate.

Sederet mirip dengan Almaany sebagai kamus Indonesia Inggris. Kelebihan Almaany bisa sampai 9 opsi bahasa dunia.

Jumal Ahmad

Islamic Character Development