• Selamat datang di blog Jumal Ahmad. Saya sedang meneliti tentang Meta-Level Reflection dalam Pembangunan Karakter. Semoga dimudahkan dan bermanfaat.

  • Categories

Pembelaan Sultan Abdul Hamid II Terhadap Aceh Dalam Film “Payitaht Abdülhamid” 


Sebuah film sinetron berjudul “Payitaht Abdülhamid” menggambarkan kisah pembelaan Kekhilafahan Utsmaniyah terhadap Aceh di Indonesia. Kisah tersebut dapat dilihat pada episode ke-15 sinetron berbahasa Turki itu.

Dikisahkan, Sultan Abdul Hamid II menerima surat dari muslim di Aceh. Dalam surat itu, rakyat Aceh menyampaikan tentang perlakuan penjajah Belanda yang sudah kelewat batas. Penjajah tidak mengizinkan mereka untuk ibadah haji. Mereka menyampaikan persoalan tersebut kepada Sultan dengan harapan mendapat pembelaan.

Mendengar hal itu, Sultan Abdul Hamid II pun marah. Di akhir cuplikan film, tampak adegan Sultan memanggil duta besar Belanda untuk memperjuangkan hak rakyat Aceh agar dapat ibadah haji.

Sinetron tersebut ditayangkan di stasiun televisi nasional Turki, TRT 1. Dikutip dari situs web IMDB, Payitaht Abdülhamid adalah film yang mengisahkan tentang perjuangan sultan Abdul Hamid II untuk mempertahankan keberlangsungan Kekhilafahan Utsmaniyah (Ottoman).

Film ini dibintangi oleh Bülent Inal sebagai Sultan Abdul Hamid II, dengan setting suasana tahun 1896-an. Film ini mendapatkan banyak perhatian di dunia arab, penonton ingin sekali mengetahui apa yang terjadi di masa Sultan dan bagaimana peran Sultan Abdul Hamid II ketika masa masa genting kekhilafahan waktu itu. 

Saya sangat mengapresiasi Bunet Inal sebagai pemeran utama Sultan Abdul Hamid II yang dikenal lewat peran Yahya dalam serial sanawat dhiyaa’,  beliau memerankan dengan sangat baik sebagai khalifah, beliau memerankan bukan hanya berperan saja, tetapi seakan akan bisa menghadirkan Sultan Abdul Hamid II kepada penonton. 

Saya sudah menulis beberapa artikel tentang film ini, banyak pembaca yang menanyakan subtitle dalam bahasa Indonesia. Saya mencoba menyampaikan hal ini di laman resmi page FB serial, semoga nanti ada terjemah dalam bahasa Indonesia. 

***

Serial Sultan Abdul Hamid II dalam bahasa Inggris bisa dikunjungi informasinya di laman page Sultan Abdul Hamid II English Subtitle

Sumber: dakwatuna, aljazera

Video pendek ketika Sultan Abdul Hamid menerima surat dari kerajaan Aceh

Video Pendek yang mengisahkan impian Sultan Abdul Hamid

Link lengkap Youtube serial Sultan Abdul Hamid bisa dilihat disini. 

3 Responses

  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsWahh. Terharu nonton video ini.

  2. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsApa sudah ada subtitle bahasa indonesia nya

    • Belum ada, yang kami temukan baru subtitle bahasa Inggris

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: