3 Kesalahan Memaknai Idul Fitri


Besok hari umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri, satu bulan sudah umat Islam digembleng dalam madrasah Ramadan lewat shalat, membaca Al-Quran dan amal ibadah lainnya. 

Dalam memaknai hari raya Idul Fitri, penulis ingin sedikit berbagi ilmu terkait beberapa kesalahan yang penulis amati ketika umat Islam menyambut akhir Ramadan dan memasuki hari raya. Semoga bermanfaat. 

1. Tidak Semangat di Akhir Ramadan

Ada perbedaan antara umat Islam dahulu dan sekarang dalam menyambut detik detik perpisahan dengan Ramadan. 

Dahulu, umat Islam bersungguh-sungguh menggunakan akhir waktu Ramadan dengan mengencangkan ikat pinggang menggapai amalan utama Ramadan. 

Ibnul Jauzi mengibaratkan dengan orang yang berlomba pacu kuda, semakin dekat finish, semakin bersemangat dan mempercepat laju kuda lari. 

Umat Islam saat ini ketika akhir Ramadan ibarat lomba maraton, di awal lomba, ratusan bahkan ribuan peserta ikut lari, dipertengahan sudah mulai berguguran dan sampai finish hanya tiga orang saja yang menang. 

2. Hari Kemenangan

Banyak televisi, radio dan media elektronik menyambut Idul Fitri dengan menyebutkan ‘Hari Kemenangan’. Sejatinya bukan kemenangan, tetapi ‘Pura Pura Menang’. 

Sudahkah kita menang jika di Ramadan didik untuk menahan nafsu, kemudian di awal Idul Fitri malah kita seakan akan balas dendam dengan memakan segala yang ada di depan mata, berpegangan tangan dengan yang bukan mahram atau pergi ke tempat tempat maksiat? 

Pantaskah disebut menang jika selama Ramadan kita didik untuk shalat tepat waktu dan mengerjakan shalat malam/tarawih, dan di awal idul fitri kita melalaikan shalat lima waktu dengan alasan silaturahmi ke sanak famili dan ketika malam meninggalkan shalat malam yang sudah dibiasakan selama Ramadan? 

Jika umat Islam dahulu was was dan khawatir amalan Ramadan mereka tidak diterima, sekarang kita merasa percaya diri puasa dan shalat diterima Allah Swt. 

3. Idul Fitri = Kembali Suci

Banyak yang menganggap Idul Fitri dengan arti kembali suci, secara bahasa ini salah fatal. 

Makna Ied adalah kembali artinya diulang ulang dalam satu tahun, hari raya idul fitri dan idul adha diulang ulang setiap tahun. 

Makna Fitri adalah makan dan bukan suci atau fitrah, berasal dari kata afthara-yufthiru yang artinya makan. 

Pada hari ini Allah Swt mengharamkan umat Islam untuk berpuasa dan mewajibkan mereka makan sebagai bentuk rasa syukur. 
Dalam sebuah hadits Nabi Saw bersabda:

صومكم يوم تصومون،  وفطركم يوم تفطرون

“Puasa kalian adalah ketika kalian berpuasa, dan idul fitri kalian ketika kalian makan”

Akan salah jika kata fitri pada hadits di atas diartikan dengan suci. “Puasa kalian adalah ketika kalian berpuasa, dan suci kalian ketika kalian bersuci”

Akibat kesalahan makna di atas sangat fatal, karena umat Islam menganggap bahwa dengan masuknya bulan Idul Fitri semua dosa dosa akan dihapus dan kembali suci ibarat anak kecil yang baru lahir. 

Jelas sekali anggapan ini salah dan ngawur, karena Allah Swt akan mengampuni dosa seorang mukmin antara Ramadan dan Ramadan selama bukan dosa besar, adapun dosa besar maka harus ada niat benar untuk bertaubat, meminta ampun pada Allah Swt dan tidak mengulangi lagi. 

Semoga idul fitri ini kita bisa lebih merefleksikan diri sendiri agar menjadi lebih baik lagi dari bulan bulan sebelumnya. 

Terakhir, saya selaku admin dari blog sederhana ini memohon maaf jika selama ini ada kesalahan, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh teman blog yang bersedia berkunjung, membaca dan berkomentar di blog sederhana ini. 

Taqabbalallhu minna wa minkum, semoga Allah Swt menerima amal kami dan amal kalian semua, amiin. 

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: