• Selamat datang di blog Jumal Ahmad. Saya sedang meneliti tentang Meta-Level Reflection dalam Pembangunan Karakter. Semoga dimudahkan dan bermanfaat.

  • Categories

Teman Di Alam Kubur


Jangan sampai hidup kita di dunia terlalu disibukkan dengan harta, anak dan istri kita. Ketahuilah, kelak hanya amal yang akan menyertai kita hingga negeri akhirat. Anak, istri, dan harta kita akan meninggalkan kita ketika kita mati. Setelah mati, satu-satunya yang tetap terhubung dengan kita adalah amal perbuatan kita selama di dunia.

Harta merupakan ujian. Karena itu, berhati-hatilah jangan sampai ujian itu melalaikan kita dari Allah. Istri dan anak juga merupakan ujian seperti bunyi firman Allah,

“Di antara istri dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu.” (QS. Al-Taghabun (64) : 64)

Ibnu Athaillah berkata, “Ketahuilah bahwa kau memiliki 3 macam teman: (1) Harta yang akan kautinggalkan saat kau mati; (2) Keluarga, yang akan meninggalkanmu setelah kau dikubur; (3) Amal perbuatanmu, yang tidak akan berpisah denganmu. Karena itu, bertemanlah dengan teman yang masuk ke dalam kubur bersamamu dan senanglah bersamanya. Orang berakal adalah yang memperhatikan perintah dan larangan Allah.

Kelak, tidak ada yang kita bawa mati selain amal perbuatan kita. Entah itu amal perbuatan baik atau buruk. Amalan apapun itu akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT.

Nabi SAW pernah bersabda, “Ada tiga kelompok yang mengikuti mayat: keluarga, harta dan amal. Dua kembali dan yang hanya satu mengiuti. Keluarga dan harta kembali, sementara yang tersisa bersamanya hanya amal perbuatannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka, apalagi yang kita tunggu? Sudahkah kita mempersiapkan amalan terbaik untuk kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak? Atau selama ini kita hanya sibuk mengumpulkan harta yang tidak pernah kita bawa mati? Mari kita renungkan…[]

****

Mari memperbanyak amalan akhirat di 10 akhir Ramadan dengan beritikaf. Bagi anda yang di Jakarta, bisa gabung itikaf di Masjid Assalam kementrian PU dengan bimbingn Ust.Arifin Jayadiningrat dan asatidz lainnya. 

Itikaf dimulai habis isya sampai setelah subuh, insya allah panitia menyiapkan makanan sahur (tidak banyak). 

Sunnah itu apabila dikerjakan mendapatkan pahala yang besar sekali dan jika ditinggalkan akan mendapatkan kerugian yang besar sekali. 

Kalau kita beribadah mengejar lailatul qadar kita mendapatkan pahala lebih dari 1000 bulan atau sekitar 83 tahun lebih. 

Pada zaman sebelum Nabi Muhammad Saw para ahli ibadah disebut dengan Al-Abid yang rata rata orang dahulu berumur panjang dan seorang ahli ibadaj setidaknya sudah beribadah kurang lebih 80 tahun. 

Maka para Sahabat Nabi Muhammad sempat mengatakan, enak sekali mereka berumur panjang dan dapat beribadah yang banyak. 

Maka turunlah surat Al-Qadr untuk memberikan bonus kepada umat Muhammad saw yang mana apabila kita mendapatkan lailatul qadar, kita seakan akan, tambahan umurnya lebih dari 80 tahun terus beribadah.

Maka, mari bersama memanfaatkan sisa waktu Ramadan untuk beritikaf dan mencari malam kemuliaan, malam lailatul qadar. 

Romadhon kita bukan ditentukan oleh permulaannya yang semangat. Namun loyo di saat-saat akhir.
Boleh jadi ada orang di awal romadhon sedikit loyo ibadahnya namun dia sempurnakan kekurangannya dengan ibadah dan kebaikan di akhir-akhir romadhan. Dia dapatkan nilai penuh dan sempurna.
Dan bisa jadi juga orang di awal romadhon begitu semangat dengan ibadah namun sepuluh terakhir dia ditimpa keloyoaan. Sehingga dia tinggalkan banyak keutamaan dan kebaikan. Hasil akhirnya nilai dia kurang dan tak sempurna.

2 Responses

  1. Ayat dalam surat at-Taghabun itu benar sekali 😃

    • Anak dan istri menjadi ujian, seperti di Ramadan ini, apakah kita lebih memilih beriktikaf di masjid, bermunajat kepada Allah atau bercanda ria bersama anak istri di rumah..

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: