• Selamat datang di blog Jumal Ahmad. Saya sedang meneliti tentang Meta-Level Reflection dalam Pembangunan Karakter. Semoga dimudahkan dan bermanfaat.

  • Categories

Balasan Makar Dan Tipu Daya


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makar punya beberapa arti: 1 akal busuk; tipu muslihat; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya. 

Dan Tipu daya berarti bermacam-macam tipu; berbagai daya upaya yang buruk; muslihat. 

Bagi yang diserang makar, tipu daya dan rencana jahat. Hendaklah mengingat hukum alam: Siapa yang berbuat, ia akan merasakan akibatnya seperti disebutkan dalam ayat ayat Al-Quran berikut:

Makar dan Tipu daya
{وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا بِأَهْلِهِ}،

 Rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri. (Qs.  Fathir: 43)


Dzalim

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا بَغْيُكُمْ عَلَى أَنْفُسِكُمْ} [يونس:23]

Hai manusia, sesungguhnya (bencana) kezalimanmu akan menimpa dirimu sendiri; (Qs.  Yunus: 23)


Melanggar Janji

 {فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَى نَفْسِهِ} [الفتح:10] 

maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri. (Qs. Fath: 10)

Al-Quran banyak memberikan gambaran bagaimana akibat dan hukuman bagi orang yang berbuat jahat dan makar. Seperti kisah Nabi Yusuf dan saudaranya, kisah Firaun dan Bani Israil, bahkan akan mudah kita dapatkan dalam kisah kehidupan Nabi Muhammad saw. 

Ketika makar, tipu daya dan kejahatan orang musyrik dan kafir demikian gencar kepada Beliau. Allah swt dengan kasih sayang-Nya menurunkan ayat untuk menghibur dan membuat tenang Beliau. 

Allah swt berfirman: 

{وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إِلَّا بِاللَّهِ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُ فِي ضَيْقٍ مِمَّا يَمْكُرُونَ* إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ}[النحل: 127، 128].

Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.


Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.
(Qs. An-Nahl: 127-128)

Bukan hanya untuk Nabi saja, juga untuk para da’i dan penyeru kebaikan ketika menghadapi makar dan tindakan jahat dari musuh. 

Selanjutnya, kami kumpulan beberapa doa yang bisa digunakan untuk menghadapi makar, tipu daya dan kejahatan yang menimpa dan kepada Allah kita bertawakal. 

بسم الله خير الأسماء باسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض و لا في السماء باسم الله افتتحت و بالله ختمت و به آمنت باسم الله أصبحت وعلى الله توكلت هو الله ربي لا أشرك به أحداً -الله أكبر الله أكبر الله أكبر- بسم الله على نفسي وديني ، بسم الله على كل شيء أعطانيه ربي 

“Dengan menyebut nama Allah sebaik baik nama, dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Dengan nama Allah aku membuka, dengan nama Allah aku menutup dan kepada-Nya aku beriman. Dengan nama Allah aku masuk waktu pagi dan kepada Allah aku bertawakal, Dialah Allah aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Dengan menyebut nama Allah atas jiwa dan agamaku. Dengan nama Allah atas semua yang diberikan kepada Allah kepadaku”.

 بسم الله خير الأسماء، بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء ، بسم الله إفتتحت وعلى الله توكلت ، الله الله ربي لا أشرك به أحداً ، أسألك اللهم بخيرك من خيرك الذي لا يعطيه أحد غيرك عز جارك وجل ثناؤك ولا إله غيرك ، اجعلني في عياذك من شر كل سلطان ومن الشيطان الرجيم ، اللهم إني أحترس بك من شر جميع كل ذي شر خلقته وأحترز بك منهم وأقدم بين يدي.

“Dengan menyebut nama Allah sebaik baik nama, dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Dengan nama Allah aku membuka, dengan nama Allah aku menutup dan kepada-Nya aku beriman. Dengan nama Allah aku masuk waktu pagi dan kepada Allah aku bertawakal, Dialah Allah aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Aku memohon kepada-Mu ya Allah dengan kebaikan kebaikan-Mu yang tidak bisa memberinya selain dari-Mu, kekuasaan-Mu sangat agung, Engkau sangat mulia dan tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Jadikanlah aku didalam lindungan-Mu dari kejelekan setiap penguasa dan syaithan yang terkutuk. Ya Allah aku meminta penjagaanmu dari kejelekan semua makhluk-Mu yang bisa memberikan kejelekan dan aku memohon perlindungan-Mu dari mereka. 

 اللهم إني عبدك ابن عبدك ابن أمتك ناصيتي بيدك ماضي في حكمك عدل في قضائك أسألك بكل اسم هولك سميت به نفسك أو أنزلته في كتابك أوعلمته أحدا من خلقك أو أستأثرت به في علم الغيب عندك أن تجعل القرآن العظيم ربيع قلبي ونور صدري وجلاء حزني وذهاب همي وغمي.

Ya Allah aku adalah hamba-Mu anak dari hamba-Mu, ubun ubunku berada di tangan-Mu, berlaku untukku hukum-Mu, Engkau lah yang adil dalam setiap qadha-Mu. Aku memohon dengan nama nama-Mu yang telah Engkau berikan untuk-Mu, atau yang telah Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu hamba-Mu atau yang telah engkau simpan dalam alam ghaib di sisi-Mu, agar Engkau menjadikan Al-Quran yang mulia sebagai penyejuk bagi hatiku, cahaya bagi penglihatanku, penghilang kesedihanku dan menghapuskan duka dan sedihku. 

 اللهم رحمتك أرجو فلا تكلني إلى نفسي طرفة عين أبداً وأصلح لي شأني كله لا إله إلا أنت.

Ya Allah aku mengharapkan rahmat-Mu maka jangan Engkau tinggalkan aku sekejap mata pun selamanya dan perbaikilah urusanku semuanya tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. 
 لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السماوات والأرض ورب العرش الكريم. 

Tidak ada yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Lembut. Tidak ada yang berhak disembah selain Allah dzat yang memiliki Arsy yang agung. Tidak ada yang berhak disembah selain Allah tuhan langit dan bumi dan tuhan Arsy yang agung.
الله الله ربي ولا أشرك به شيئاً. لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين.

Allah, Allah tuhanku dan aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Tidak ada yang berhak disembah selain Engkau maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang yang berbuat dzalim. 

اللهم أسألك فرجاً قريباً وصبراً جميلاً ورزقاً واسعاً والعافية من البلايا وشكر العافية والشكر عليها وأسألك الغنى من الناس ولاحول ولاقوة إلا بالله العلي العظيم

Ya Allah aku memohon kepadamu dekatnya kemenangan, baiknya kesabaran, rizqi yang luas dan kesehatan dari cobaan dan mensyukuri kesehatan, dan aku memohon kepadamu kecukupan dari manusia, tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah yang Maha Tinggi yang Maha Agung.

 اللهم صلي على محمد وعلى آل محمد اللهم إني أسألك بحق السائلين وبأسمائك العظمى والحسنى أن تكفني شر ما أخاف وأحذر فإنك تكفي ذلك الأمر.

Ya Allah sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, ya Allah aku memohon kepada-Mu dengan sebenar benar permintaan dan dengan nama-Mu yang agung dan baik agar Engkau memelihara aku dari kejelekan dan aku takuti dan khawatirkan. Sesungguhnya Maha menjaga.

 اللهم أسألك مغفرة تشرح بها صدري وترفع بها ذكري وتيسر بها أمري وتكشف بها ضري وترفع بها ضري إنك على كل شيء قدير. إلهي هِب لي فرجاً بالقدرة التي تحي بها الحي والميت ولا تهلكني وعرفني الإجابة يارب ، ارفعني وانصرني وارزقني وعافني. 

Ya Allah aku memohon kepadamu ampunan yang melapangkan dadaku, mengangkat namaku, memudahkan urusanku, menyingkap bahaya yang menimpaku dan mengangkatnya sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku jalan keluar sebagaimana kemampuan menghidupkan dan mematikan, jangan Engkau hancurkan aku, berikanlah jawaban wahai Tuhanku, tinggikan aku, tolonglah aku, berikan rizqi kepadaku dan ampunilah aku.

يالطيف قد حرت في أمري فتدبرني بخفي لطفك ولطيف صنعك في جميع أموري وما أعانيه أستعنت بك في كشف كل غمة فيسر لي بلطفك كل عسير أن تيسير العسير عليك يسير اللهم واجعل لي سوراً من لطفك يحول بيني وبين ما يؤذيني ومن يعتد علي. 

Wahai dzat yang Maha Lembut masalah ini telah menyusahkanku maka bantulah aku dengan kelembutan-Mu dalam segala urusan-Mu, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengyingkap semua kesusahan. Maka berikanlah aku kemudahan dengan kelembutan-Mu setiap kesusahan agar menjadi mudah, sesuatu yang susah bagi-Mu adalah mudah. Ya Allah berikanlah kepadaku pagar dengan kelembutan-Mu antara aku dan orang yang menyakitiku dan orang yang memusuhiku.

اللهم يا فارج الهم ويا كاشف الغم مجيب دعوة المضطرين رحمان الدنيا و الآخرة ورحيمهما ارحمني رحمة من عندك تغني بها عن رحمة من سواك ، اللهم اكشف ضري يا مفرج الهموم ( لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين).

Ya Allah dzat yang menghapuskan duka dan kesedihan, yang menjawab doa orang orang lemah, Maha Penyayang dan Pengasih di dunia dan akhirat, kasihanilah aku dengan kasih sayang dari sisi-Mu yang aku cukupkan dari kasih sayang selain-Mu. Ya Allah singkapkan bahaya yang menimpaku wahai dzat yang menghapus kesedihan (Tiada yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang yang berbuat dzalim)

اللهم يا حابس يد إبراهيم عن ذبح ابنه ويا رافع شأن يوسف على إخوته وأهله ويا رآحم عبرة داود وكاشف ضر أيوب ، يامجيب دعوة المضطرين وكاشف غم المغمومين أسألك أن ( تسأل مسألتك الخاصة ).

Wahai dzat yang menahan tangan Ibrahim dari menyembelih anaknya, wahai dzat yang meninggikan posisi Yusuf atas saudara dan keluarganya, wahai dzat yang …ibrah Dawud dan yang menyembuhkan Ayub, wahai dzat yang mengijabahi doa orang yang terkena musibah dan dzat yang menhilangkan kesedihan aku meminta kepadamu agar (silahkan disebutkan permintaan yang khusus disini..)

 اللهم لا طاقة لي بالجهد ولا قوة لي على البلاء فلا تحرمني العافية والرزق ولاتكلني إلا خلقك بل تفرد لي بحاجتي وتولني برحمتك فإنك أن وكلتني إلي نفسي عجزت عنها وإن وكلتني إلي خلقك ظلموني وحرموني وقهروني ومنوا علي ، فبفضلك يالله أغني وابسط لي واكفني وخلصني من حسدهم وحقدهم.

Ya Allah aku tidak memiliki daya dan kekuatan atas cobaan ini, janganlah Engkau haramkan kepadamu kesehatan dan rizqi dan jangan Engkau wakilkan aku kepada makhluk-Mu tetapi cukupkanlah kebutuhanku dan lindungi aku dengan rahmat-Mu. Jika Engkau melindungi aku aku menjadi kuat dan jika Engkau wakilkan aku kepada makhluk-Mu mereka akan mendhalimi aku dan menyakiti dan memaksaku. Dengan keutamaan-Mu ya Allah cukupkan, kuatkan dan lepaskan aku dari hasad dan kedengkian mereka.


Referensi doa:http://mawdoo3.com/أدعية_لإبعاد_شر_الناس

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: