• Selamat datang di blog Jumal Ahmad. Saya sedang meneliti tentang Meta-Level Reflection dalam Pembangunan Karakter. Semoga dimudahkan dan bermanfaat.

  • Categories

PAUD dan SD di Buttui


Buttui adalah nama salah satu dusun yang ada di desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, yang terletak di pedalaman Kabupaten Kepulauan Mentawai. Butuh waktu enam setengah jam mengendarai boot dari Muara Siberut. 

Akhir bulan Desember tahun 2015,waktu terakhir saya berkunjung kesana bersama team Aksi Peduli Bangsa. Sudah 5 tahun yayasan non profit yang bergerak dalam sosial dan pendidikan ini berkiprah membangun kawasan bakti bangsa di dusun Buttui. 

Berbicara tentang pendidikan di daerah pedalaman, maka pendidikan di Buttui sangat kurang. Beberapa tahun yang lalu anak anak belajar di gereja baik muslim maupun non muslim, karena belum ada SD disitu. 

Di tahun 2015 pemerintah membangun SDN di Buttui dan dipakai di tahun 2016 di tahun ajaran baru. Namun sekolah ini pun masih sangat kekurangan, situs MentawaiKita menyebutkan bahwa sekolah itu baru ada 3 lokal kelas. Karena keterbatasan ruangan mereka terpaksa menjadikan satu ruangan dua kelas. 

SD ini belum memiliki kantor, perpustakaan, toilet, buku pelajaran pun masih menggunakan buku paket pegangan guru. 

Di tahun yang sama 2015, Aksi Peduli Bangsa juga membangun sekolah di dusun Buttui, karena jarak SD Buttui tidak terlalu jauh dengan komplek kawasan bakti bangsa, dan ada aturan dari pemerintah larangan membangun sekolah dengan jarak yang terlalu dekat, maka Aksi Peduli Bangsa membangun PAUD di Dusun Buttui. 

Alhamdulillah, kegiatan KBM sudah mulai di PAUD ini, bangunan kelasnya terbuat dari bahan baku yang sebagian besar dari alam Buttui berupa bambu, kayu kelapa dan tanah liat. Bambu dan kayu merupakan material yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi kokoh dan kuat. 

Meskipun serba kekurangan, kita melihat semangat guru guru disana sangat besar, karena pendidikan sangat penting. 

Semoga ke depan, pembangunan aspek pendidikan di dusun Buttui akan lebih baik lagi dengan dukungan dari masyarakat Indonesia. 

Nantinya, pembangunan akan menular bukan hanya di daerah pedalaman dan tertinggal seperti Mentawai, tetapi juga di daerah lain di Indonesia. 

Paud di Dusun Buttui

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: