Memperpanjang STNK Di Samsat Jaktim


​Awal bulan januari, tersiar kabar kalau pemerintah akan menaikkan biaya pajak motor menjadi 3 kali lipat, ini sempat membuat saya was was ketika tahu di tanggal 4 ini hari terakhir saya memperpanjang STNK dan katanya jika terlambat sehari pajak bisa lebih mahal. 

Cukup merepotkan, motor yang sekarang saya pakai belum jadi hak milik saya, motor ini saya beli tangan kedua dari adik, dan adik membeli dari temannya yang tinggal di Depok. 

Nah, teman adik saya ternyata sudah pindah mengajar ke Hambalang, maka kemarin saya ke rumahnya di Hambalang meminjam ktp si pemilik motor pertama. Alhamdulillah dimudahkan oleh Allah. 

Tepat jam 08.00 sabtu pagi, saya berangkat menuju Kantor Samsat DKI Jaktim tempat pengurusan STNK motor. Tak disangka, hari setengah libur pun jalanan di Jakarta masih saja macet, akhirnya saya agak terlambat sampai tempat tujuan. Sekitar jam 09.30 saya sampai di Samsat Jaktim yang terletak di Kebon Nanas. 

Di depan Samsat ada seorang calo yang menawarkan jasa pengurusan STNK, tetapi karena ingin mengurus sendiri, saya langsung menuju tempat mengurus pajak yang tidak jauh dari tempat parkir motor. 

Berikut ini tips membayar STNK yang bisa saya bagikan ke pembaca. 

  1. Siapkan fotocopy berkas seperti BPKB, STNK, KTP masing-masing 1 rangkap
  2. Bawa Pulpen Sendiri, biar tidak ribet harus pinjam orang lain atau merepotkan petugas Samsat.
  3. Datanglah pagi sekitar jam 09.00wib atau setelah jam makan siang sekalian sekitar jam 13.00wib
  4. Saat sampai di samsat, untuk samsat Kebon Nanas, Jakarta Timur, langsung saja menuju bagian informasi untuk mengambil formulir. 
  5.  Jika pemilik kendaraan tidak sama dengan yang mengurus maka perlu dibuat surat Kuasa. 
  6. Setelah di isi, serahkan formulir ke loket 1 beserta berkas yang sudah disiapin sebelumnya (strepless jadi 1, bisa pinjam di bagian informasi streplessnya) untuk mendapatkan nomor antrian.
  7. Setelah di panggil dan dapet struk tagihan pajak, segera ke loket pembayaran untuk membayar pajak kendaraan, gak perlu mengantri, karena ada 2 loket untuk pembayaran.  
  8. Setelah selesai bayar, langsung aja menyerahkan struk yang sudah di stempel lunas ke loket terakhir (loket pengambilan STNK), antri sebentar dan  tunggu nama anda di panggil untuk STNK/Pajak baru kendaraan anda. 
  9. Jika di daerah anda ada jasa SIM/STNK keliling, bisa langsung ke lokasi untuk pembayaran pajak tahunan, namun untuk perpanjang STNK atau pembayaran pajak tahunan yang sudah telat melebihi 1 tahun, harus dilakukan di Samsat.

Secara keseluruhan, pelayanan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di samsat sudah lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya, di mana prosesnya lebih transparan dan lebih cepat (walaupun pelayanan masih begitu kaku dan masih ada orang-orang  yang berusaha menjadi calo dengan menawarkan jalan pintas dan proses cepat. padahal pada dasarnya prosesnya juga tidak terlalu ribet dan tidak lama, jika kita sudah tahu prosedurnya.

Saran saya bagi teman teman yang punya waktu dan tidak perlu menempuh jarak terlalu jauh untuk sampai ke samsat, silahkan urus sendiri, prosesnya cepat dan mudah, ikuti saja seperti yang share di atas. 

Demikian sharing saya tentang proses pembayaran perpanjangan pajak tahunan kendaraan bermotor, untuk mobil saya rasa sama aja, yang beda paling hanya angka yang harus di bayar, hehehe. 

Pembayaran pajak saya tahun ini tidak jauh beda dengan tahun kemarin, hanya ada tambahan biaya administrasi sebesar 25.000,-. Total pajak saya tahun ini 150.000,-.

Semoga bermanfaat ya untuk teman  semua, budayakan untuk mengurus sendiri. 😬😀😂

Kirim Komentar Anda

