• Selamat datang di blog Jumal Ahmad. Saya sedang meneliti tentang Meta-Level Reflection dalam Pembangunan Karakter. Semoga dimudahkan dan bermanfaat.

  • Categories

Ini Makna Oxymoron


​Banyak istilah istilah dalam keseharian kita yang belum banyak diketahui, termasuk saya. Beberapa minggu lalu saya sempat membaca cuitan dari Bapak Eep Saefullah Fatah tentang Islam dan Intoleransi. 

Ngaku Islam kok intoleran?! Islam sama intoleransi itu oximoron. Dua hal yang semestinya gak bisa berpadu. 

Ya, saya mengenal istilah ini dari pak Eep Saefullah. Setelah klik sana  dan sini ternyata Oxymoron itu kiasan yang sengaja menggunakan dua ide yang kontradiktif yang menciptakan kata baru yang bermakna baru juga. 

Perkataan yang bersifat oxymoron biasanya kerap ditemukan dalam khasanah retorika sosial-politik, maupun dalam dunia sastra karena sifatnya yang akrobatik sanggup menambah kesan dramatik yang mengesankan bagi pembaca/pendengarnya.

Ditangan(pikiran) orang yang tepat, penggunaan oxymoron dalam berbahasa bisa sangat menguatkan kesan puitik dan reflektif yang mengagumkan, tapi sebaliknya jika dipergunakan oleh orang yang “picik”, perkataan oxymoron bisa sangat merugikan, seperti hanya untuk melakukan pembelaan diri bagi yang jelas salah, untuk melakukan penghinaan yang brutal, atau malah menunjukkan kerendahan kapasitas intelektual (kegoblokan yang memalukan) si pengguna itu sendiri.

Beberapa contoh bentuknya adalah : “pakar amatiran”, “rahasia umum”, “kebetulan yang disengaja”, “sumbangan wajib”, “gemuruh kesunyian”, “setan yang baik”, dan sebagainya. [] 

One Response

  1. […] oxymoron sebagaimana kami post sebelumnya berarti kontradiksi. Misalnya, “Iuran Wajib”, kata iuran wajib itu oxymoron […]

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: