Pohon Tin di Depan Rumah


​Sudah lebih dari empat bulanan bapak di Magelang mencoba menanam tanaman Al-Quran yaitu Pohon Tin dan Zaitun. Bibitnya dibawa langsung oleh adik saya yang menjadi pembimbing di pesantren Al-Filaha yang konsen dalam pengembangan tanaman Al-Quran di Jonggol. 

Katanya, tekstur tanah di Adipuro itu mirip dengan keterangan tanah tempat menanam buah Tin yang ada di Al-Quran yaitu mendapatkan sinar matahari full dalam sehari dan ketinggian yang pas di atas 1500 mdpl. 

Maka adik saya ini meminta bapak untuk mencoba menanam tin dan zaitun di salah satu kebun punya bapak. Akhirnya dipilihlah kebun ‘wuloh ngisor‘ yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah dan mendapatkan sinar matahari langsung tanpa terhalang pepohonan. 

Rencana kalau bapak sudah punya niat benar untuk budidaya tin dan zaitun, akan menanam di kebun ‘pongaang‘ yang letaknya paling.. jauh dan sudah dekat dengan pohon hutan gunung Sumbing. 

Keuntungan menanam tin dan zaitun ini, dia bisa ditanam berbarengan dengan tanaman yang lain, dan tidak mengganggu. Maka bapak saya sambil menanam bawang putih atau kubis dia menyisipkan percobaan tanama tin dan zaitun. 

Alhamdulillah setelah beberapa bulan, pertumbuhan tin dan zaitun sangat bagus dan tanah di Adipuro cocok untuk budidaya tin dan zaitun. 

Selain di kebun, bapak juga mencoba nanam di depan rumah.Pohon tin di rumah kami berwarna hijau. Dengan daun lebar dan pertumbuhan yang sangat cepat. Kalau saya lihat dibanyak referensi, dimensi pohonnnya bisa sangat besar juga. Kalau untuk ini, kita harus menanamnya di kebun yang luas.

Atau bisa juga di cangkok untuk bibit baru, semakin banyak dicangkok buah tin akan semakin baik pertumbuhannya. 

Inilah foto pohon tin di depan rumah kami di Adipuro, Magelang. 

One Response

  1. saya pernah mas punya pengalaman mencangkok pohon tin, cuma pada gagal. punya tips2nya gak mas supaya berhasil..mohon masukannya..terimakasih

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: