Emosi Berkendara… 


Masih ingat pengalaman tadi pagi waktu naik motor di Bintaro, di salah satu lampu merah, motor hanya menyentuh sedikit spion mobil, yang punya langsung buka kaca dan memarahi saya, padahal gak ada lecet ataupun tergores. 

Saya hanya diam tetap menatap ke depan, gak nanggapi sedikit pun omelan mbak mbak itu dan sedikit tersenyum agar emosi gak ikut kalut. 

Duh, ternyata lewat berkendara kita bisa belajar mengelola emosi, orang yang emosinya bagus akan lebih matang dan berfikir sebelum bertindak, tenang berkendara dan tidak melakukan agressive  driving. Namun jika emosi tidak terkontrol, emosi rendah akan meledakkan kemarahan akibat kondisi lalu lintas apapun. 
Hurlock mengungkapkanbahwa individu dikatakan matang emosinya jika tidak meledakkan emosinya dihadapan orang lain, melainkan menunggu saat yang tepat untuk mengungkapkan emosinya. Individu yang memiliki kematangan emosi memiliki cara–cara yang lebih dapat diterima oleh orang lain dan dapat menilai situasi secara kritis terlebih daulu sebelum bereaksi secara emosional”. 

Satu prinsip yang diajarkan Ust Arifin Jayadiningrat dalam berkendara, agar kita selalu berusaha melapangkan jalan untuk orang lain, contoh kecilnya, jika ada tukang bakso lewat kita rem atau lebih bersabar ketika lewat U-turn. Boleh jadi, kemudahan kita sampai tujuan adalah karena kebaikan kecil yang kita lakukan. 

Berkendara motor atau mobil jangan gunakan lampu jauh kecuali dibutuhkan, karena mengganggu penglihatan pengendara yang lain. 

Waktu berkendara selalu mainkan lampu rating kiri dan kanan sebagai pertanda kita akan belok ke kiri dan kanan.  Selain sebagai sopan santun juga memudahkan yang lain. 

Alhamdulillah, catatan sampai disini dulu.. Otw ke Bandara Halim mengantar anak Mentawai… 

[ Jumal Ahmad] 

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: