Huda.id, Mesin Pencari Berbasis Al-Quran


Berawal dari sebuah komentar di tulisan kami tentang Lafdzi, aplikasi untuk search Alquran dengan huruf latin. Si pembaca memberikan usulan agar Lafdzi bisa digabungkan dengan Huda.id. langsung saja pesan itu saya teruskan ke mas Abrar developer Lafdzi, tapi belum ada tanggapan sampai sekarang.

Sambil menunggu tanggapan mas Abrar, iseng-iseng saya upload keterangan tentang Huda.id dari mas Andreas Senjaya yang saya dapatkan dari akun blog Tumblr nya.

Sebuah mesin pencari baru saja diluncurkan. Apa uniknya? Mesin pencari ini berbasis Al-Quran. NamanyaHuda.id.

Ini bukan mesin pencari web, gambar, atau konten digital lain, melainkan sebuah website yang membantu dalam memahami isi Al-Quran.

Jika kita memasukkan sebuah kata kunci melalui mesin pencari ini, kita bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci yang relevan berdasarkan kata dalam Al-Quran. Misalnya, masukkan kata “air”, maka Huda.id akan menunjukkan kata “langit”, “rezeki”, “buah-buahan”, “bersih”, dan kata lain yang berkaitan dengan “air” dalam Al-Quran.

Kita juga bisa melihat statistik berapa kali kata-kata tersebut bersinggungan dengan kata kunci yang kita masukkan. Informasi yang didapatkan dari Huda.id ini bisa menjadi bahan untuk kita pelajari lebih lanjut.

Selain itu, kita juga bisa melihat ayat di mana kata kunci tersebut disebutkan dalam Al-Quran, juga tafsir dari ayat-ayat tersebut.

 Huda.id adalah hasil kerja sama antara Yayasan Dana Waqaf Indonesia dengan PT Badr Interactive, perusahaan pengembang aplikasi mobile dan web yang menjelang Ramadhan kemarin baru saja meluncurkan 4 aplikasinya:
Learn Quran (bit.ly/LearnQuranApp),
Quran Prize (QuranPrize.com),
Dua in Quran (bit.ly/DuaInQuran), dan
Masjeed (bit.ly/Masjeed). 

Huda.idakan terus dikembangkan hingga kita benar-benar bisa mengekstrak sebanyak-banyaknya informasi, ilmu pengetahuan, dan hikmah dalam Al-Quran, yang Allah sendiri menyebutnya sebagai penjelas segala sesuatu. Silakan akses Huda.id dihuda.id.
Ket: Andreas Senjaya, CEO Badr Interactive

image

Berikut ini beberapa screenshot dari Huda

image

image

image

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: