Lafdzi-Aplikasi Pencari Lafadz Al-Quran Menggunakan Huruf Latin


Mungkin bagi sebagian orang terkadang kesulitan mencari suatu potongan ayat dalam Al-Qur’an karena tidak tahu bagaimana cara menulis ayat itu dalam tulisan Arab. Dan, apabila ingin mencari ayat pada aplikasi Al-Quran yang umum ditemukan kebanyakan harus menulis dalam tulisan Arab. Untuk mengatasi hal, kini telah hadir aplikasi Lafzi yang memudahkan  pencarian lafaz pada Al-Quran.

Aplikasi Lafzi dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab. Dengan sistem ini, seseorang dapat mencari ayat al-Qur’an berdasarkan lafaz yang diingatnya dengan penulisan aksara Latin.

Aplikasi ini merupakan hasil dari penelitian skripsi mahasiswa Departemen Ilmu Komputer IPB, Muhammad Abrar Istiadi, pada bulan April 2012. Kini, aplikasi Lafzi telah berada di situs aplikasi Departemen Ilmu Komputer IPB yang dapat diuji coba oleh setiap orang.

Ide awalnya Lafzi sendiri menurut Abrar adalah ketika sedang diskusi topik penelitian untuk skripsi bersama pembimbing. Awalnya menginginkan aplikasi yang bisa menulis Arab dengan huruf latin. Namun pada akhirnya diarahkan oleh pembimbing kepada mesin pencarian pada Al-Qur’an, karena ini merupakan sumber teks berbahasa Arab yang paling dikenal oleh masyarakat muslim.

Untuk pemakaian aplikasi ini cukup mudah, pengguna hanya cukup memasukkan kata kunci lafal yang ingin dicari, misal “innalillahi wa inna ilaihi roji’un” yang nantinya akan ditampilkan daftar ayat yang paling sesuai dengan lafal yang dimasukkan. Akan tetapi ketika lafal yang dicari dituliskannya kurang tepat, maka hasilnya dapat menjadi kurang tepat.

Aplikasi ini oleh pembuatnya terbuka untuk diperbaharui oleh mahasiswa lain yang tertarik untuk melanjutkan penelitian dan mengembangkan metode pencarian yang digunakan di Lafzi. Hal ini karena Lafzi versi saat ini masih ada beberapa kekurangan dalam hasil pencarian, terlebih kalau pengguna memasukkan lafal dengan kurang tepat.

Menurut saya aplikasi Lafzi ini sangat bermanfaat bagi orang untuk mencari potongan ayat Al-Qur’an yang mengalami kesulitan menulis aksara Arab dengan menggunakan aksara latin.

Aplikasi ini juga lebih mudah dipakai untuk orang Indonesia dari aplikasi Alfanous yang dibuat developer dari Aljazair. Karena Lafdzi fokus pada pencarian fonetis dengan huruf latin bukan Arab. Untuk fitur jelas lebih lengkap Alfanous.

Bagi pembaca yang tertarik ingin menggunakan layanan Lafzi ini dapat mengunjungi situs resminya di Aplikasi Departemen Ilmu Komputer IPB atau kunjungi langsung blognya mas Abrari disini.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: