Launch Good Ramadan Challange Day 4: I Remember Srebenica


Sehari sebelum Ramadhan, saya membuka-buka website dan menemukan sebuah situs dalam Bahasa Inggris tentang pembelajaran Al-Quran untuk orang yang benar-benar awam yaitu website: understandquran.com. Website ini dibuat oleh sebuah team dan para ahli yang dipomotori oleh Dr. Abdul Karim, seorang doktor ahli perminyakan yang menemukan metode paling cepat untuk belajar bahasa Arab dan Al-Quran.

Kemudian saya mendaftar free di web ini, dan ketika semakin mendalami saya diikut sertakan satu program selama Ramadhan seperti program funding dan charity, namanya Ramadhan Challange untuk di hari keempat ini mengambil tema #iremembersrebenica / I Remember Srebenica.

Saya terusik menulis ini, karena waktu kecil saya sempat mendengar berita tentang kekejian dan kekejaman di Bosnia, kejadian di Bosnia menjadi titik awal kesadaran umat Islam untuk peduli kepada sesama, sekalipun bukan di daerah sendiri atau satu negara. Islam agama yang menamkan rahmat kepada semesta rahmatan lil aalamiin kedamaian yang dipancarkan Islam tidak hanya kepada pemeluk Islam saja, tetapi untuk seluruh alam, tanpa membandingkan ras, suku, bahasa dan warna kulit.

Tentang LaunhGood

Disinilah tempat bagi orang-orang Islam di seluruh dunia yang ingin membuat satu event atau funding dan mempromosikan acaranya ke seluruh dunia. Jika anda muslim dan ingin membuat satu kegiatan agar semua orang sadar dan bangun dari tidur mereka bahwa umat Islam pernah mengalami suatu kejadian yang layak diketahui orang, maka daftarkan ke web ini: https://www.launchgood.com/users/login.

funding at launch good

Contoh untuk hari ke 4 Ramadhan ini adalah tentang kasus Srebenica. Menurut Wikipedia, Pembantaian Srebrenica (disebut juga Genosida Srebrenica) adalah kejadian sekitar lebih dari 8000 pembantaian lelaki dan remaja etnis Muslim Bosniak pada Juli 1995 di daerah Srebrenica, Bosnia oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jenderal Ratko Mladić. Jenderal Mladic kini menjadi buronan internasional yang telah didapati bersalah karena genosida dan berbagai kejahatan perang lain di Yugoslavia. Pada 27 Februari 2007, Mahkamah Internasional menetapkan kejadian ini sebagai sebuah genosida. Selain pasukan Serbia Bosnia, pasukan paramiliter Serbia Scorpion (pernah menjadi bagian dari Kementerian Dalam Negeri Serbia sampai 1991 dan ratusan sukarelawan dari Ukraina dan Rusia juga turut bersalah atas pembantaian ini.

Pada April 1993, Persatuan Bangsa Bangsa menyatakan daerah enklave yang terkepung di Lembah Drina, Srebrenica, Bosniatimur laut, sebagai “daerah aman” dibawah perlindungan PBB. Namun, pada Juli 1995, Pasukan Perlindungan Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations Protection Force/ UNPROFOR), terdiri dari kontingen sebesar 400 tentara Belanda (Dutchbat), tidak mencegah pendudukan Srebrenica dan pembantaian yang terjadi setelahnya.

Mahkamah Internasional telah menyatakan bahwa Serbia tidak bersalah atas tindakan genosida. Namun, MI tetap mengecam Serbia karena gagal mencegah ataupun mengadili pelaku pembantaian ini, sekalipun Serbia memiliki hubungan erat dengan militer Srpska.

Project #iremembersrebenica bisa anda lihat di link ini: https://www.launchgood.com/project/i_remember_srebrenica

unnamed

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: