Sanlat ICD CAMP Sudah Penuh Kuota


Dalam rangka melanjutkan gerakan perjuangan pembangunan karakter bangsa Islamic Character Development-ICD akan mengadakan Pesantren Kilat ( Sanlat ) Ramadhan tanggal 22-23 Juli untuk tingkat Sekolah Dasar ( SD )  dari kelas 4-6, tingkat SMP dan tingkat SMA di vila Bella Campa daerah Gadok arah Puncak Bogor.

Prediksi awal yang akan mengikuti acara ini hanya sekitar 50 siswa, ternyata di luar dugaan panitia, banyak orang tua yang antusia mengikutsertakan anaknya di kegiatan ini. Kuota maksimal acara ini adalah 105 yang dihitung berdasarkan kemampuan maksimum vila Bella Campa menampung peserta. Alhamdulillah, di hari pertama Ramadhan ini, kuota sudah terpenuhi, peserta sudah sampai 100 lebih.

Tahun kemarin ICD bekerjasama dengan Masjid Pondok Indah sukses mengadakan Sanlat Adventure di Vila Hulu Cai dengan peserta 30-an. Karena kesuksesan sanlat tahun lalu, maka peserta ICD Camp cukup banyak.

Selain di Hulu Cai, tahun lalu ICD juga mengadakan sanlat untuk anak SD di Masjid Pondok Indah dan Gedung Depsos Haji Nawi dengam peserta lebih dari 2000 siswa.

Bulan Ramadhan adalah moment terbaik pembangunan Akhlak Mulia. Bulan yang penuh keberkahan, dilipatgandakan pahala.

Tema dan Muatan Kegiatan Sanlat.

Mengingat bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, bulan ibadah dan bulan pendidikan diri. Maka inisiatif Islamic Character Development-ICD dengan tema besar : “Cinta Allah dengan Shalat dan Al-Quran”.

Untuk menggapai itu semua, materi inti yang akan ditanamkan dalam diri anak adalah :
1. Penanaman Akhlak Mulia sebagai bukti cinta Allah.
2. Mencintai Allah dengan ketaatan..
3. Mencintai Allah dengan membaca Al Quran dan menghafalnya.
4. Shalat tanpa disuruh dan taat pada orang tua.
5. Kisah para Nabi dan orang orang shalih.

Tempat Kegiatan
Vila Bella Campa, Jl. Cikopo Selatan, Gadok, Puncak.

Metode Pendidikan dan Motto Sanlat 
Understanding by Al-Quran and Hadist Design adalah pemberangkatan konsep konsep ICD dalam pembangunan karater bangsa. Maka pendekatan yang dilakukan dalam menanmkan nilai ketaatan tentu tidak boleh lepas dari konsep Al-Quran yaitu Active Learning.

Al-Quran diturunkan, sudah mengajarkan ‘methode active learning’. ICD juga mengenalkan konsep dasar Active Learning dalam Al-Quran sebagai sarana untuk membangun paradigma berpikir anak didik agar taat kepada Allah dengan penuh kesadaran.

Demikian juga dalam pengajaran Active Lerarning harus dilakukan pengaktifan seluruh kecerdasan yang diberikan Allah kepada setiap insan. Inilah yang dikenal dalam teori Howard Gardner yaitu theory of multiple intelligences. Kita akan mendapatkan wawasan konsep Al-Quran yang jauh lebih dahsyat dari konsep manusia manapun dalam pembangunan akhlak.

Active learning peserta Sanlat merasakan senang, inilah yang mendasari motto dalam Sanlat ; “Riang Gembira Belajar Agama”.

Hari ini kami belum bisa menyampaikan dengan detail kegiatan Sanlat nanti. Saya hanya akan memberikan info konseptor dari acara ini yang tergabung dalam team ICD:
1. Ust. Arifin Jayadiningrat, inisiator ICD, seorang pendakwah dan ahli kurikulum Agama, lulusan Al-Azhar, Kairo.
2. Ust. Musthafa Yamin, ahli kurikulum internasional, lulusan Amerika.
3. Ust. Ibrahim Alhilali, Lc, dai dan team ICD
4. Ust. Taslim, Lc, Ahli Pramuka dan Dosen UIN Jakarta.
5. Dan beberapa nama Ust Lainnya yg membantu seperti: Ust Farhan, Ust Jumal Ahmad, Ust Kahfi dan lainnya.

Semoga dengan hadirnya orang orang top di dunia pendidikan ini, bisa membuat satu kegiatan yang menggugah, membuat anak semakin taat pada Allah, cinta pada Nabi, dan di kehidupan sosial menjadi lebih baik dan suka membantu.

Mohon maaf, jika ada orang tua yang ingin mendaftar..saat ini kuota peserta sudah penuh.

image

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: