Hari Ini Blogku Ulang Tahun Keenam


Malam ini saya mendapatkan notifikasi dari WordPress bahwa sudah 6 tahun blog sederhana ini dibuat.

Blog ini hanyalah salah satu blog dari sekian juta blog yang ada di dunia tanpa batas ini. Tidak istimewa, awalnya hanya berisi tugas-tugas kuliah saya seiring waktu juga saya tambah dengan pengalaman pribadi dan organaisasi yang saya alami.

Sampai juga pada titik ini, Alhamdulillah, selama 6 tahun ini terus konsisten di wordpress dan belum pernah pindah ke blogspot atau yang lainnya.

Setiap memasuki usia baru atau ulang tahun blog, saya menvoba menengok ke belakang melihat apa saja yang sudah saya tuliskan disini. Melihat pula gaya tulisan yang saya gunakan.

Apa sih yang membuat saya nulis di blog?

Orang yang sudah berjasa membuat saya nulis di blog adalah Ust Zain An-Najah, salah seorang pakar fiqih di Indonesia, alumni S3 di Al-Azhar Kairo, waktu itu saya masih belajar dengan beliau di Pesantren Tinggi Al-Islam, ketika itu beliau mewajibkan kami para santri untuk memiliki blog untuk menyimpan data dan tugas-tugas kami. Saya termasuk yang cepat respon, langsung saya buat account di Woordpress dengan nama ahmadbinhanbal, di ambil dari nama saya; Jumal Ahmad dan nama bapak saya; Hambali.

Orang kedua yang berjasa membuat saya semangat menulis adalah Bapak Romi Satri Wahono, ketika beliau menulis tentang Knowledge Management di blog beliau. Menurut beliau, KM diterapkan dengan mudah lewat blog, ilmu dan pengalaman kita bisa dimanfaatkan orang lain. Diantara tulisan beliau yang masih saya ingat “Semua karya kita adalah knowledge penting yang kita miliki, menghilangkan mereka adalah menghilangkan sebagian pengetahuan yang kita miliki.”

Semakin lama, blog ini berkembag menjadi tempat saya berbagi pengalaman sehari-hari, misal ketika dulu mengajar tahfidz dan mengembangkan konsep tahfidz 1 tahun, semuanya saya tulis disini, lalu ketika bekerja di Akademi Thibbun Nabawi, begitu juga, semua pengalaman saya tulis dan sekarang ketika saya membantu Ust Arifin Jayadiningrat berdakwah di Mentawai dan membuat konsep Kurikulum di ICD  (Islami Character Development), semua pengalaman saya tulis.

Tujuan Nulis di blog?

Tujuannya hanya satu saja yaitu menjadi orang yang bermanfaat. Dengan menulis di blog, alhamdulillah saya bisa berbagi ilmu dan pengetahuan, ada kebahagiaan tersendiri ketika kita bisa berbagi.

Tidak mengejar popularitas, apa sih manfaat popularitas, gak ada, malah bikin niat kita gak tertuju kepada Allah. Saya menulis karena ingin berbagi ilmu saja, tidak lebih dari itu.

Enam tahun bukan waktu yang sebentar, paling tidak sudah ada 765 tulisan yang saya  buat. Waktu selama enam tahun ini sudah bisa mencatat semua hal yang saya alami, baik itu senang, sedih, susah dan bahagia. Dari yang penting sampai yang gak penting. Selama enam tahun ini juga saya terus belajar menulis dengan cara yang baik dan berusaha untuk komunikatif, meskipun belum sampai komunikatif.

Lewat tulisan ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pembaca blog sederhana ini, yang bersedia memberikan komentar atau tidak. Maaf jika selama ini tulisan saya belum membuat kalian nyaman. Mohon doanya agar selalu istiqamah dalam menulis.

Akhirnya…

Alhamdulillah…selamat datang tahun ketujuh…

screenshot_2016-05-14-20-49-39_1.jpg

2 Responses

  1. selamat ulang tahun blognya🙂

    • Terima kasih mbak Noni…
      Semoga tulisan-tulisan saya bisa bagus kayak punyam mbak…

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: