Volunteer Boot Camp Bareng ISN “Be The One Be The Inspirer”


Pagi ini beberapa orang mungkin lebih memilih bersantai di rumah, jalan jalan sama keluargas, keluar dari zona sibuk selama berhari hari, apalagi ini hari libur panjang.

Tapi itu tidak terjadi dengan saya dan Ust Arifin, waktu libur malah menjadi prime time bagi kami untuk membahas kurikulum sekolah atau proyek dakwah lainnya, maklumah secara beliau ini orang yang sangat sibuk, mengabdikan dirinya untuk umat.

Waktu istirahat, beliau mengajak saya untuk ikut serta bersama beliau di acara ISN (Indonesia Syiar Network) sebuah lembaga keislaman yang mengelola banyak mujahid dakwah (volunter) untuk bersama belajar Islam dan berbuat untuk Islam. Nama acaranya di SMS beliau ISN Community Rihlah  dimana acara dimulai dengan shalat Subuh berjamaah di Masjid Harakatul Jannah daerah Gadok sebagai meeting point lalu lanjut acara di Santa Monica Resort.

Acara ini menjadi wadah bagi ISN untuk lebih menguatkan semangat dan ghirah para volunteer, dan salah satu motivator yang ISN undang adalah Ust. Arifin Jayadiningrat.

Para volunteer ini insya Allah mendapatkan pahala yang banyak selama mereka ikhlas berjuang mengerahkan jiwa dan pikirannya untuk syiar Islam. Meskipun mereka berada di balik layar, tidak tampil, tapi pahala mereka sama dengan para guru dan ustadz yang menyampaikan ilmu di depan.

Hadits berikut layak menjadi pedoman para volunteer.

Dari Shahabat Zaid bin Khalid radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa MENYIAPKAN keberangkatan seorang tentara Islam dalam jihad (perang) di jalan Allah, BERARTI IA IKUT BERPERANG (BERJIHAD). Dan barangsiapa MEMBANTU kebutuhan keluarga yang ditinggalkannya, BERARTI IA IKUT BERPERANG (BERJIHAD).”

[HR. Bukhari (no. 2843), Muslim (no. 1895/135, 136), Abu Dawud (no. 2509), At-Tirmidzi (no. 1628), dan An-Nasa’i (VI/46)].

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

“Sabda Nabi “BERARTI IA IKUT BERPERANG”, menurut Ibnu Hibban maknanya bahwa ORANG ITU mendapat pahala yang sama, meskipun tidak terjun langsung ke medan jihad. Kemudian ia (Ibnu Hibban) meriwayatkan hadits ini, dari Busr bin Sa’id, dengan lafazh:

“Ditetapkan baginya pahala seperti pahala Mujahid itu tadi, tanpa mengurangi pahala Mujahid itu sedikit pun.”

Para volunteer yang mensedekahkan hartanya untuk dakwah dan jihad akan masuk surga insya Allah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa menyedekahkan dua pasang kuda fii sabilillah, niscaya akan dipanggil di Surga kelak, ‘Wahai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Jika ia termasuk ahli shalat, niscaya ia akan dipanggil dari pintu shalat, jika ia termasuk ahli jihad, maka ia akan dipanggil dari pintu jihad, dan jika ia termasuk ahli sedekah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu sedekah, dan jika ia termasuk ahli puasa, niscaya ia akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan.”

Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Wahai Rasulullah! Tidak akan ada bahaya yang menimpa seseorang yang di panggil dari semua pintu itu, adakah orang yang dipanggil dari semua pintu?”

Beliau menjawab:

” Ya, ada, aku berharap engkau termasuk dari mereka.”

[HR. Bukhari (no. 1897) dan Muslim (no. 1027)]

Terima kasih Indonesia Syiar Network (ISN) semoga acara besok berjalam lancar dan semoga banyak insan yang tercerahkan dan siap berjihad di barisan para volunteer.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dini hari jam 03.00 kami bertiga, Ust Arifin, saya dan Ust Anwar yang asli Mentawai berangkat ke arah puncak menuju masjid Harakatul Jannah, alhamdulillah jam 04.15 kita sudah sampai di masjid yang dibangun mantaj walikota Jakarta ini. Menunggu waktu shalat kami habiskan dengan zikir dan shalat tahajud.

Menjelang subuh, beberapa rombongan dari ISN sudah datang. Selepas subuh kami olah raga kecil yang dipimpin bapak Mirza. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Santa Monica ke arah Sukabumi belok kiri setelah pasar Cikretek.

Alhamdulillah jam 06.30 kami sudah sampai di tempat, vilanya bagus, banyak pohon pinus di sekitarnya dan suara suara burung menggema dimana mana.

Acara pagi ini, dimulai dengan saling perkenalan satu sama lain antara para volunteer.

Awalnya kita sampai di Santa Monica 1, kita kenalan dan ngobrol ngobrol disitu, eh, ternyata tempat kita salah, bukan di vila nomer 1 tapi nomer 2 yang ada dibawahnya dikit.

Sampai di tempat, saya merasa sambutan pihak vila kurang bagus, gak tahu kenapa, kayak kita dibiarin saja. Breakfast pun gak ada, akhirnya terpaksa kita beli makan di luar. Beberapa teman ISN akhirnya milih istirahat, yang cowok nanti persiapan jumaatan dan acara motivasi dari Ust Arifin dimulai setelah shalat jumat.

Alhamdulillah, motivasi dari Ust Arifin Jayadiningrat berlangsung dengan khidmat dan peserta sangat antusias. Mereka menjadi semangat untuk berbuat karena Allah, tidak untuk popularitas atau yang lainnya.

image

Google Map Santa Monica Resort
https://goo.gl/maps/cGBKN2pwsbT2

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: