Klarifikasi Indolakto Tentang Susu LGBT-nya


Permohonan maaf kami sampaikan kepada semua pembaca blog sederhana ini. Kami manusia biasa yang bisa saja berbuat khilaf dan salah termasuk dalam hal kepenulisan.

Hari ini ketika saya men-share artikel blog saya via semua akun sosmed seperti twitter, facebook dan google+, ada salah seorang pembaca yang menyayangkan pemberitaan kami tentang susu Indomilk yang dituduh mendukung LGBT. Tanpa kami menyebutkan klarifikasi, padahal PT. Indolakto sudah menerbitkan klarifikasi tentang isu tersebut.

Sebagai perusahaan yang besar, Indolakto pasti ada layanan konsumen, dan kesalahan kami adalah tidak membuat konfirmasi kepada perusahaan atau mencari klarifikasi pemberitaan di atas.

Alhamdulillah pembaca tersebut berbaik hati untuk memberikan tautan klarifikasi dari Indolakto.

Sebagai bentuk permohonan maaf, kami terbitkan surat klarifikasi dari PT Indolakto.

…………………

Berita yang dikutip dari situs liputan6.com itu berjudul “Kotak Susu Indomilk Dituding Sebarkan Gaya Hidup Orangtua Gay”.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Irsan Yazid, Wakil Direktur Utama I, itu disampaikan bahwa gambar yang tercantum dalam kemasan lama produk susu bubuk Indomilk berperisa coklat adalah gambaran keluarga 3 (tiga) generasi, terdiri dari kakek, ayah dan anak laki-laki di bagian muka kemasan produk yang diikuti dengan pencantuman gambar nenek, ibu dan akan perempuan di belakang kemasan produk.

Bahwa sebagai produsen susu yang telah berpengalaman selama lebih dari 42 tahun di Indonesia, kami selalu mengkampanyekan produk susu sehat untuk keluarga Indonesia serta sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keluarga Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, gambar susu bermerek Indomilk dituding menyebarkan gaya hidup gay. Kok bisa? karena menurut pengkritiknya, kotak susu buat anak-anak itu bukan menunjukkan gambaran keluarga yang ada ayah, ibu dan anak. Yang muncul 2 lelaki dan satu anak lelaki.

Ribut-ribut soal susu gay ini dilontarkan banyak pihak lewat jejaring sosial media Twitter. Kenapa kotak susu bergambar dua orang dewasa berjenis kelamin laki-laki yang hampir sebaya dan mengapit seorang anak laki-laki seperti menggambarkan keluarga gay.

Kemasan susu tersebut dicap ‘susu LBGT (Lesbi Gay Biseksual Transgender)’. Kicauan bermula dari akun twitter @trijakaperkasa. “Ini kemasan susu aneh gak? Aneh yaaaa,” begitu isi kicauannya seperti yang diposting 16 jam lalu.

Ternyata, kicauan @trijakaperkasa disambut Fahira Idris dengan menanyakan “Susu apa tuh mas?”. Bahkan Fahira Idris ngetweet agar produsen susu menjelaskan maksud iklan tersebut.

Soal ‘Susu LBGT’ itu semakin ramai diperbincangkan di media sosial tersebut. Padahal, isu susu tersebut pernah ditanyakan pada 2011. Seperti diungkap @valdyabara: “Knp skr baru heboh soal gay di kotak indomilk?? Siapa yg bisa jamin sapi poto model susu dari dulu itu straight??”.

“Dear parents, both straights and gays, meminum susu dengan box yg menampilkan gay parents gak akan bikin anakmu jadi gay. Yakin deh,” isi tweet @AmmarGill.

“Sampai saat ini kita belum tahu pasti dampak pd anak yg diasuh pasangan gay/lesbian. Permasalahkan bungkus susu adl diskusi yg terlalu dini”–@hermansaksono.

Namun tak sedikit pihak yang membela kalau gambar susu itu mencerminkan tiga generasi. Memang jika diperhatikan sekilas kedua pria dewasa hampir sebaya, namun salah seorang pria terlihat tampak tua dibanding yang satunya.

@kemalarsjad 12h:itu iklan dilihat dgn kacamata lebar deh. itu mewakili 3 generasi peminum susu tsb. bukan pendukung gay. *aneh*

Soal ‘Susu LGBT’ ternyata pernah jadi topik dalam Suara Publika di Harian Umum Republika pada 2 Desember 2011. Suara Publika berjudul “Susu Indomilk : Kemasan Mengandung Pesan Berbahaya” akhirnya mendapat tanggapan dari produsesn susu pada Senin, 5Desember 2011..

“Pesan yang disampaikan oleh produsen Indomilk tersebut adalah hendak menyampaikan bahwa abnormalitas adalah suatu hal yang lumrah dan mengubah pandangan struktur keluarga yang selama ini di strukturkan sebagai seorang ayah, seorang ibu dan anak-anak,” begitu isi blog berjudul ‘Rahasia di Balik Kemasan Susu Indomilk’ di mujibeljawy.blogspot.com seperti dikutip Selasa (30/4/2013).

Hingga saat ini pihak Indomilk belum memberikan klarifikasi mengenai maksud gambar tersebut. Pihak Indomilk yang dihubungi Liputan6.com mengaku arti gambar kotak susu anak-anak itu tidak seperti yang diributkan.

“Sepertinya nggak seperti itu maksudnya, tapi marketing yang tahu betul arti gambarnya,” kata Suryanto dari PT Indolakto yang memproduksi susu tersebut.

Dengan surat elektronik tersebut PT Indolakto berharap dapat meluruskan pemberitaan tersebut.

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/2013/05/06/pt-indolakto-klarifikasi-berita-miring-soal-kotak-susu-indomilk?

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: