Masuk Surga Lewat Media Sosial


Slide1Apakah masih ada kaum Muslimin yang beranggapan bahwa kemajuan teknologi merupakan sebuah keburukan? Anggapan ini hanya terjadi karena kurang jelinya melihat sebuah persoalan. Pasalnya, semua hal adalah kebaikan di tangan orang-orang yang beriman.

Salah satu yang masih hangat dan sering diperbincangkan adalah era digital dengan merebaknya media sosial. Ialah sebentuk kemudahan yang bisa menghubungkan banyak orang dengan perbedaan jarak dan waktu. Jika dilihat dari kaca mata orang beriman, media sosial pun sangat bermanfaat.

Berikut 9 manfaat media sosial yang diungkapkan oleh KH Muhammad Arifin Ilham.

Ternyata, media sosial bisa menjadi sarana untuk memasuki surga-Nya Allah Ta’ala.

Media Dakwah

Berdakwalah sesuai bahasa kaumnya. Media sosial adalah bahasa kaum masa kini, dan harus dikuasai agar dakwah bisa menyentuh seluruh masyarakat. Pancangkan niat. Jangan bermalas diri. Jadikan seluruh akun yang dimiliki untuk menyebarkan kebaikan kepada sebanyak-banyaknya orang.

Forum Ukhuwah

Persaudaraan. Jika dahulu amat sukar untuk sekadar berkunjung untuk bertegur sapa, media sosial memudahkan persaudaraan, tanpa batas. Kita bisa menyapa siapa pun dalam masa yang amat singkat dengan pengorbanan yang tak banyak. Namun, jangan sampai disalahgunakan atas nama ukhuwah, lalu bebas menghubungi wanita atau laki-laki yang bukan mahramnya.

Silaturahim

Menautkan tali kasih sayang antara sesama Muslim. Media sosial sangat efektif dalam hal ini. Baik untuk menautkan yang pernah tertaut dengan sahabat lama atau menambah sahabat-sahabat baru yang memiliki kepedulian dengan dakwah dan urusan kaum Muslimin.

Persahabatan

Orang-orang beriman yang bersahabat di dunia akan menjadi sahabat di akhirat. Bersahabat dengan saudara seiman di dunia maya, berlanjut ke dunia nyata, dan insya Allah kembali bersaudara setelah keduanya meninggal dunia.

Saling Kenal

Ialah mengenal secara detail sahabat kita. Nama, tempat tinggal, anak-anak, keluarga, dan hal lainnya. Mengenal adalah pintu untuk saling mencintai karena Allah Ta’ala.

Saling Tolong

Jangan segan untuk menolong sahabat di media sosial. Sebab semua amal akan ditulis dengan baik dan dibalas dengan tunai. Jangan segan untuk mengulurkan tangan, apalagi jika nyata untuk kebaikan dan umat Islam.

Informasi dan Pengetahuan

Media sosial sangat efektif untuk menambah ilmu dan memahami informasi yang beredar. Tapi, jangan jadikan ini sebagai sumber utama mengingat banyaknya informasi bohong yang beredar. Jangan lupa untuk melakukan tabayyun sebelum terlanjur membagikan informasi atau menjadikan sebuah data untuk kepentingan keilmuan.

Pintu Rizki

Kaum Muslimin zaman ini amat banyak yang terjun dalam dunia usaha online. Mulai dari yang berjualan jilbab, gamis, busana Muslim dan Muslimah, buku-buku rujukan keilmuan, dan lain sebagainya. Termasuk yang melakukan optimasi untuk berbagai usaha lainnya.

Solusi Tanya Jawab

Banyak pakar dan ustadz yang memiliki dan aktif mengelola akun media sosialnya. Ini juga sangat efektif untuk menyampaikan pertanyaan seputar masalah kehidupan. Tentunya, hal ini jangan sampai dijadikan untuk tidak bertemu muka dengan guru-guru yang kita cintai di jalan Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam.

Rujukan: Mutiara Hikmah Facebook 1, KH Muhammad Arifin Ilham, Sygma Publishing, Bandung.

Sumber: http://www.kisahikmah.com

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: