[Foto] Kunjungan Tim Aksi Peduli Bangsa ke Dusun Buttui Mentawai


“BANGUNLAH JIWANYA…BANGUNLAH BADANNYA..” itu lah slogan yang digunakan untuk Aksi Peduli Bangsa di Mentawai. Mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk membantu dan membangun peradaban serta ekosistem di Mentawai, Khusunua dusun Buttui yang menjadi pusat kristenisasi di Mentawai, dusun ini bisa dibilang kurang sentuhan tangan pemerintah, agar mampu untuk mandiri, berdiri sendiri menuju ke kehidupan yang layak.

Perjalanan dimulai dari Kota Padang menuju ke Kepulauan Siberut Selatan, memakan waktu kurang lebih empat sampai lima jam menggunakan kapal cepat. Setelah itu dilanjutkan kembali menggunakan sampan kecil yang kami sewa memakan waktu antara enam sampai tujuh jam.

Dusun BUTUI, itu lah tempat yang sekarang menjadi tempat program Aksi Peduli Bangsa. Membangun kembali peradaban yang primitif, kuno dan kurangnya akses ke kehidupan luar. Masyarakat yang ramah tamah dan suka cita menyambut kedatangan kami. Itu lah respon positif yang mereka tunjukan kepada kami saat tiba di tempat mereka, serta antusiasme untuk memajukan kampung yang mereka diami.

Pembangunan-pembangunan yang telah berjalan pun meliputi pembangunan Jembatan, Masjid, Tempat Wudhu dan Toilet. Adapun program-program yang akan berkelanjutan meliputi beberapa ruang Poliklinik, Perpustakaan, Ruang-Ruang Kelas, Penginapan Guru-Guru, Lapangan Olahraga dan lain-lain.

Disini saya ingin berbagi beberapa foto hasil kunjungn tim Aksi Peduli Bangsa. Kunjungan pertama di akhir tahun 2015 yaitu saya dan keluarga Ust Arifin Jayadiningrat dan mas Sholihin, kakak kandung Ust Arifin.

Kunjungan kedua dilaksanakan oleh Pak Edi dan Ust Nawir yang membawa 1 guru di Mentawai dari Jakarta dan 1 auditor dari Jakarta. Mereka sekarang sedang disana mengecek pembangunan kelas dan lainnya dan juga meng-audit semua pengeluaran yayasan selama satu tahun. Semoga setelah di audit, banyak perusahaan di Jakarta yang akan memberikan CSR-nya. Diantara BUMN yang pernah memberikan dana CSR-nya adalah Bank Mandiri untuk pembangunan dua lokal kelas di dusun Buttui.

Beberepa foto yang mereka kirim di group WA, saya tampilkan disini.

1. Foto Kunjungan Ust. Arifin Jayadiningrat dan Keluarga ke Dusun Buttui, Mentawa

 

2. Foto Kunjungan Pak Edi dan Ust. Nawir dari Aksi Peduli Bangsa

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: