Minangkabau International Scout Camp (MISC) I


MISC 2015 adalah event kepramukaan internasional yang mengkombinasikan kegiatan kepramukaan, jelajah alam, bela negara serta wisata budaya dan kuliner yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan jantung warisan budaya Minangkabau, Istano Basa Pagaruyung.

Acara ini akan dihadiri 1000 Pramuka Indonesia dan 500 Pramuka Mancanegara. Rencanya acara akan dibuka Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault dan beberapa menteri.

Minangkabau International Scout Camp atau disingkat MISC I diadakan oleh alumni gontor di Tanah Datar yang mengumpulkan pesantren se Indonesia dalam rangkaian acara pramuka. Dan sudah banyak yang tahu kalo Gontor terkenal dengan pramukanya.

Ust Arifin Jayadiningrat, alumni Gontor dan pendiri Islamic Character Development yang bergerak dalam Pembangunan karakter bangsa sempat diundang untuk menjadi pembicara untuk semua pembina pramuka. Dalam sesinya beliau menjelaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar pesantren dan lembaga Pendidikan dan itu sudah diajarkan dalam ilmu Pramuka.

Minangkabau Internasional Scout Camp II (MISC II) akan dilaksanakan pada tanggal 10-17 November 2018 mendatang di Bumi Perkemahan Pagaruyung yang difasilitasi oleh Ikatan Keluarga Besar Modern (IKPM) Gontor Cabang Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar pada saat temu ramah dengan IKPM Cabang Sumatera Barat diketuai Dr. H. Eka Putra Wirman, MA yang juga Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang pada acara audiensi pelaksanaan MISC II, Jumat (1/06) di Rumah Dinas Bupati setempat.

Semoga acaranya berjalan lancar, senang sekali saya berkesempatan mengikuti MISC I .

Berikut beberapa foto kami di MISC I

Link Video suasana arena Pramuka MISC

Salah satu peserta MISC dan inisiator acara Pramuka ini adalah Pesantren Pramuka Alhira, satu satunya pesantren Pramuka di Indonesia.

View this post on Instagram

Alhira saat ini sedang melakukan perubahan pendidikan di Indonesia. Yakni, perubahan cara pandang, suasana belajar, proses belajar, pendekatan, materi, dan perubahan peran kepala sekolah dan guru serta tenaga kependidikan Dalam perubahan cara pandang, misalnya, bagaimana menempatkan siswa bukanlah sebagai gelas kosong, tapi bibit unggul yang beraneka ragam. Sekolah bukan pabrik, tapi sebuah komunitas. Setiap kecerdasan penting dan perlu dikembangkan sebaik mungkin. Pendidikan di sekolah tidak hanya kegiatan pengalihan pengetahuan, tapi juga seluruh suasana, proses, ketauladanan, yang mempengaruhi secara langsung atau tidak langsung perkembangan potensi insani seseorang Suasana formal mekanistik perlu diubah menjadi suasana informal, hangat dan menggembirakan serat terciptanya suatu tatanan bahwa semua kita bersaudara. Dari suasana yang cenderung menghukum menjadi suasana yang apresiatif; dari yang eksklusif dan homogen menjadi inklusif dan heterogen Link lengkap: https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2015/02/11/pesantren-pramuka-al-hira/ #pesantrenpramuka #pesantrenalhira #pramuka

A post shared by Jumal Ahmad (@jumalahmad) on

Ini foto flyer MISC I

image

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: