One Day One Post


Pagi ini saya menemani Ust. Arifin Jayadiningrat menuju salah satu tempat beliau biasa mengisi ceramah dan kajian Islam. Kali ini di kelompok pengajian ibu-ibu Majlis Ta’lim Al-Hilal Masjid Raya Pondok Indah. Bertempat di gedung ruang pendidikan Masjid Pondok Indah, tepatnya disamping kantor BMT. Kajian ini rutin diadakan setiap hari Rabu pagi dari jam 10.00-12.000 WIB. Kajian ini khusus untuk ibu-ibu dan seat-nya pasti penuh kalau yang ngisi ceramah Ust. Arifin Jayadiningrat, saya pun gak pernah bisa masuk. Gaya penyampaiannya yang khas, anti maistream dan selalu membangun paradigma-paradigma baru, membuat jama’ah yang mendengar ceramahnya betah, gak mau keluar kalau kajian belum selesai.

Maka biasanya saya ke ruang Perpustakaan Masjid Raya Pondok Indah yang saat ini juga jadi base camp KissPi (Komunitas Sedekah Sampah untuk Sedekah Masjid Pondok Indah) yang mengumpulkan barang-barang bekas layak pakai, untuk disumbangkan ke tempat-tempat dakwah terpencil di Indonesia seperti Mentawai dan Papua. Alhamdulillah beberapa truk sudah dilansir ke Mentawai dan Pesantren Ust Fadhlan Garamatan, hasil kumpulan barang bekas dari Jamaah Masjid Pondok Indah dan sekitarnya.

Di Perpustakaan masjid atau sekarang menjadi Mabes (Markas Besar) KissPi saya bertemu dengan salah seorang inisiator dari program KissPi, sebut saja nama beliau DR. Saya banyak belajar ilmu dari beliau. Kita ngobrol ngalor-ngidul sampai kita ngobrolin tentang blog saya, ya blog sederhana saya ini.

Sejak saya aktif di Masjid Pondok Indah dan Islamic Character Development pimpinan Ust. Arifin Jayadiningrat saya mencoba untuk menulis kegiatan-kegiatan yang diadakan MRPI dan ICD, harapannya saya bisa membantu mengenalkan kegiatan MRPI dan ICD dan kegiatan yang lain di media internet, Masjid Raya Pondok Indah termasuk salah satu masjid paling aktif pengajiannya di Jakarta, dari 7 hari, ada 4 hari rutin pengajian yaitu kajian dhuha hari sabtu, kajian ahad pagi, kajian akhlak di hari senin dan kajian tadabbur quran di hari selasa.

Tulisan di blog ini tentang kegiatan MRPI belum banyak saya tulis dan belum bisa optimal. Maka beliau (Bapak DR) mendaulat saya agar bisa menulis tiap hari satu postingan atau one day one post tulis apa saja tentang kegiatan MRPI dan ICD.

Alhamdulillah tawaran beliau saya terima dengan senang hati, walaupun sampai waktu saya nulis ini, timbul kekhawatiran kalau tidak bisa menyanggupi, tetapi kekhawatiran itu langsung saya tepis dengan mengingat ayat-ayat Al-Quran dan Hadits yang pernah saya pelajari bahwa orang baik itu yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain, teringat pula nasehat yang selalu disampaikan Ust. Arifin Jayadiningrat kepada saya agar jangan berfikir apa yang sudah saya terima tapi berfikir apa sudah saya berikan untuk orang lain maka hidup akan bahagia, dan selalu produktif dalam kebaikan, kebaikan sekecil apapun akan dibalas oleh Allah swt.

Agar tulisan saya ke depan lebih fokus, maka saya mengambil positioning dengan menulis tentang:

  1. Kegiatan Masjid Raya Pondok Indah dan Islamic Character Development yang bisa saya ikuti.
  2. Program Dakwah Mentawai dan Papua.
  3. Mengkaji paradigama akhlak/karakter sesuai Al-Quran dan Hadits.
  4. Tafsir, Hadits dan Sirah yang berkaitan dengan pembangunan akhlak.

Saya pun akan mencoba menulis dengan gaya yang terus terang belum saya ampui tapi ingin saya coba kuasai yaitu narasi fiksi, semacam tulisan fiksi atau novel tetapi ditulis berdasarkan kenyataan bukan imajinasi seperti novel, konon gaya tulis seperti ini yang banyak dimaui pembaca, kata bapak Jarar Siahaan yang pernah saya baca di blognya. Bismillah akan saya coba..dan mohon saran dan dukungannya..sahabat..

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas ODOP (One Day One Post), di antaranya:

  1. Melatih diri Konsisten Menulis. Dengan ODOP kita mewajibkan diri untuk melakukan posting artikel setiap hari. Rutinitas akan menjadi kebiasaan.
  2. Melatih Pola Pikir. Dengan ODOP kita akan terlatih untuk menjadikan apa yang ada di sekitar kita menjadi sebuah tulisan sederhana yang bisa dinikmati orang lain.
  3. Mendapat Traffic dari Search Engine. Dengan rutin menulis setiap hari, kita akan mendapatkan sedikit banyak perhatian dari pengunjung blog, otomatis peringkat blog kita di search engine akan semakin naik.

Menurut Sahabat…adakah manfaat lain dari one day one post menurut anda? atau ada yang ingin anda sharing tentang ODOP? mohon sahabat bisa menuliskannya di laman komentar di bawah ini…

Terakhir, terima kasih kepada segenap Pengurus Masji Raya Pondok Indah, KissPI, KPJ Institute, Samara Institute dan Islamic Character Development yang sudah menerima keberadaan saya dengan baik..semoga apa yang kita dakwahkan dan perjuangan menjadi bekal kita di akhirat..amiin.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: