Ulang Tahun Google Yang Selalu Berubah…


Doodle di lama Google hari ini

Doodle di lama Google hari ini

Kapan terakhir anda browsing melalui google sebagai acuan utama? Mungkin saja baru 3 menit yang lalu? atau bahkan baru beberapa detik yang lalu. Semua penjelajahan dunia maya mayoritas bermula dari sini. Karenanya banyak website ataupun blog yang berusaha menjadi yang paling unggul dideteksi halaman pertama google. Kemudahan menggunakan google sudah sering anda rasakan sendiri, cukup dengan mengetikkan kata kunci yang hendak dicari, akan muncul berjejal referensi halaman yang disediakan.

Tak terasa, mesin telusur ini sudah menjadi menjadi acuan para pengguna internet selama hampir dua dekade. Jika anda tidak tahu satu hal, entah itu jalan atau satu-dua definisi, dan tak ada orang yang bisa diajak bertanya (atau malas bertanya) anda secara otomatis akan membuka laman google.

Lalu kapan sih ulang tahun google? Jika anda membuka google hari ini, anda akan mendapatkan gambar doodle yang tampilannya berupa komputer old skool, balon, topi pesta serta lampion yang membuat orang ingin tahu kapan perayaan hari jadi situs tersebut. Jika membaca doodle hari ini maka anda akan tahu kalau hari raya ulang tahun google adalah hari ini 27 September di usianya yang ke-17.

Situs yang diprakarsai oleh Sergey Brin dan Larry Page ini, sebenarnya ‘lahir’ pada 4 September 1998, dan baru resmi menjadi korporasi pada 7 September di tahun yang sama. Namun, untuk mengenang rekor jumlahwebsite yang berhasil diindex melalui google, akhirnya hari jadi mesin telusur ini resmi ditetapkan pada 27 September, mulai tahun 2005.

 

Maka sebelum tahun 2005, google selalu merayakan hari ulang tahunnya pada tanggal-tanggal yang berbeda yaitu pada 7 September, 8,  26, dan yang terakhir pada tanggal 27. Berikut adalah kumpulan Doodle yang merayakan ultah Google sejak ke-5.

Ulang-Tahun-Google-ke-5

Gambar diatas merupakan Doodle yang muncul pada tanggal 8 September 2003 (ulang tahun Google ke-5), sedangkan satu tahun berikutnya yaitu 2006 (ke-6) mereka malah merayakan pada tanggal 7 September 2004.

Ulang-Tahun-Google-ke-6

Satu tahun berikutnya yaitu 2005, Google merayakan ulang tahunnya pada tanggal 26 September 2005, dengan Doodle yang menampilkan angka 7 sebagai pengganti huruf “l” dan potongan kue yang diberi buah cherry yang tampak seperti dibawah ini.

Ulang-Tahun-Google-7

Setelah tahun 2006 tepatnya ulang tahun ke 8, Google mulai merayakan setiap tanggal 27 September dan sepertinya tidak berubah sampai tahun ini.

Ultah-Google-ke-8

*jika anda ingin mengetahui sejarah awal logo Google, bisa dibaca di link ini heavy.com

Sumber: ibnlive.com

 

2 Responses

  1. Yap. Google itu search engine paling terkenal bahkan sampai banyak orang yang nganggap “Mbah Google” karena saking tuanya mungkin ya?. Bing.com , Yahoo!, Ask.com, dan Search engine lain kalah dah ga sepopuler yang satu ini.

    • Terima kasih atas kunjungannya bro..
      Sekedar info, programmer muslim dari luar negeri pernah membuat search engine pertama yang islami dan halal, serta aman dari informasi berbau pornografi dan non islami, search engine itu bernama imhalal.

      Namun sayangnya situs ini sudah off gara-gara kehabisan dana, dikatakan bahwa para investor lebih suka investasi untuk minyak daripada untuk teknologi.

      Link-nya bisa anda buka disini, sayang sudah off http://www.imhalal.com/

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: