Qurban Idul Adha Di Madrasah Al-Filaha


Hari Idul Adha dan tiga hari Tasyriq merupakan hari bersenang-senang kaum muslimin, keluarga dan masyarakat. Hari yang diperintahlan oleh Nabi saw untuk makan, minum, bercampur suami istri dan berzikir. Dari Ibnu Mas’ud bin al Hakam dari ibunya, bahwasanya saat ia sedang di Mina di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, melihat sekumpulan orang yang berkata dengan suara keras:

Wahai manusia, sesungguhnya ini adalah hari-hari makan, minum, wanita, bercampur suami istri dan dzikir.
Dia (ibunya Ibnu Mas’ud bin Al Hakam) bertanya: Siapa itu?
Para sahabat menjawab: Ali bin Abi Thalib.

Aktfitias kesenangan yang disebutkan Nabi adalah: Makan, Minum, Bercampur suami istri dan Dzikir. Tetapi secara umum seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Hajar, apapun bentuk kesenangan dan kenyamanan adalah merupakan syariat di hari-hari tersebut. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari,

“Disyariatkannya melapangkan (kesenangan) untuk keluarga pada hari-hari raya dengan berbagai hal yang membuat kenyamanan jiwa, peristirahatan badan dari beban ibadah….
Dan bahwa menampakkan kebahagiaan di hari-hari raya adalah merupakan syiar agama.”

                                                              ***
Lalu apa yang membuat kamu senang di idul adha ini?  Nyembelih qurban atau nyate bareng..

Beberapa hal yang membuat saya senang hati di Idul Adha ini, Pertama saya mendapatkan kabar bahwa Ust. Arifin Jayadiningrat yang sedang menjadi pembimbing haji Travel BMW dan jamaahnya aman disana dan tidak mengalami kecelakaan apapun seperti yang ramai diberitakan media elektronik.

Kedua, saya bisa berkumpul bersama keluarga di Jonggol Farm/ Madrasah Filaha. Sebelumnya saya kasih tahu dulu deh, dimana itu Jonggol dan apa itu Madrasah Filaha. Jonggol adalah nama sebuah kecamatan di Bogor yang kalau diukur dari Jakarta, letak Jonggol memang sangat jauh, daerahnya pun masih banyak pedesaan karena memang masih banyak tanah tanah kosong, masih banyak kebun, masih banyak sawah, bukit bukit hijau dan rumah pun masih jarang.

Madrasah Filaha adalah tempat pelatihan, pendidikan dan coaching bagi siapa saja yang ingin terjun di dunia pertanian dengan landasan ilmu yang benar. Tempat pendidikan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan seperti kebun percobaan, kebun skala komersial, lahan gembalaan dan laboratorium pembibitan. Kurikulum Madrasah Alfilaha menggunakan kitab karangan ulama berjudul Kitab Al-Filaaha karya Ibnu Awwam dan juga teknologi pertanian mutakhir.

Dua hal di atas sudah cukup bikin saya senang dan tenang karena orang orang yang saya sayangi berada dalam lindungan Allah swt.

Lebaran Haji tahun ini saya merayakan Idul Adha bersama Bapak, Ibu dan adik karena keponakan atau anak adik saya akan berqurban di Jonggol Farm dan mendapat amanah untuk menjadi ustadz di tempat ini.

Ada 12 kambing dan 1 sapi yang diqurbankan. Alhamdulillah saya berkesempatan menyembelih satu kambing, ini pengalaman pertama saya menyembelih hewan qurban. Alhamdulillah gak mengecewakan. Dading yang di qurban akan dibagikan ke santri Filaha dan masyarakat sekitar.

Ada satu hal yang bikin hati saya sedih ketika mestinya kami bersenang senang bersama keluarga, Ibu saya sakit selama di Jonggol Farm padahal cuaca di rumah lebih dingin darisini, dan nuansa alamnya hampir sama dengan rumah di Magelang, ternyata beliau masuk angin karena waktu ke Jakarta beberapa hari yang lalu, beliau tidak memakai jaket penghangat ketika di bus yang ber AC.

Beliau sudah minum obat dan sudah agak baikan kesehatannya dan semalam juga sudah saya kerok. Semoga beliau lekas sembuh dan diberi kesehatan oleh Allah swt.

Ini pengalaman saya Idul Adha bersama keluarga..apa pengalamanmu???

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: