Cara Membersihkan Jiwa/ Hati


1. Kacamata yang bersih ( Taqwa ).
2. Kacamata yang kotor ( Fujur ).

Pakailah No 1 jangan No 2.
Mata kita bisa membersihkan jiwa bila memakai kacamata bersih.
Membangun kebiasaan baik dengan kacamata no 1.

* “Bila kita melihat yang “kotor” pakailah kacamata bersih”.

Saat kita melihat orang yang sedang mabuk, mulutnya berbau alkohol, bahkan badanya penuh dengan tato.  Doakanlah “Ya Allah semoga Engkau Berikan Petunjuk (hidayah) kepadanya. Sadarkanlah ia, jadikanlah ia hambaMu yang sholeh.”
Hormatilah orang itu, karena bisa jadi ia taubat dan menjadi lebih sholeh dari kita.

Saat kita melihat wanita yang berpakaian tidak sopan, mengubar nafsu, membuka aurat. Doakanlah “Ya Allah Yang Maha Menutupi aib hambaMu, Berikan Petunjuk (hidayah) kepada wanita ini, Jadikanlah wanita itu hambaMu yang sholehah”.

Hormatilah wanita itu bisa jadi ia taubat dan lebih baik dari diri kita.

Bila kita melihat anak anak sedang bermain, atau melakukan yang tidak baik seperti berkelahi. Doakanlah “ya Allah jadikanlah anak anak ini hambaMu yang sholeh, bimbinglah mereka kejalanMu”.

Hormatilah mereka, karena bisa jadi mereka adalah calon pemimpin bangsa yang berakhlak mulia, menjadi suritauladan bagi bangsa.

Bila kita melihat pasangan suami isteri dan keluarganya. Doakanlah “ya Allah jadikanlah keluarga penuh dengan ketentraman, cinta kasih, kebahagiaan. Jadikanlah keturunan mereka hamba hambaMu yang sholeh.

Bila kita melihat orang sedang bekerja, apapun pekerjaannya. Doakanlah “ya Allah lapangkanlah rezkinya, dan berkahilah rezkinya. Jauhkan dari rezki yang tidak membawa keberkahan.

Bila kita melihat orang mengendarai kendaraan dengan tergesa gesa, doakanlah , ” ya Allah selamatkanlah perjalanannya, mudahkanlah urusannya. Luaskanlah segala kebaikan baginya.”
Hormatilah karena bisa jadi ada kebutuhan yang sangat mendesak bagi dirinya, yang membawa manfaat untuk orang banyak.

Bila kita melihat orang sakit. Doakanlah “ya Allah hapuskan dosa dosa orang ini dengan penderitaan penyakit yang ia rasakan, bersihkanlah dari kesalahannya, sembuhkanlah ia, karena tidak ada kesembuhan selain dariMu.”.

Bila kita disakiti, inilah yang berat ! membersihkan hati.
Doakanlah orang yang menyakiti kita. “Ya Allah, diriku memaafkan orang itu atas kesalahannya, mungkin ia belum paham dan belum mengerti. Ampunilah dosa dosanya. Berikanlah hidayahMu untuknya, limpahkanlah rahmatMu kepadanya. Jadikanlah ia orang yang sholeh. Bersihkanlah hatiku dari kebencian, dan kedengkian kepadanya.”

Biasakanlah sebelum tidur kita beristighfar memohon ampunan untuk kita DAN juga orang yang menyakiti diri kita.

Bila doa doa itu kita kerjakan setiap hari maka hati kita akan BERSIH. Kacamata TAQWA akan kita rasakan. Tidak ada kesombongan dalam hati ini !!. Karena siapapun kita pandang “bisa jadi ia LEBIH MULIA dimata Allah daripada diri kita”.

Bila doa doa dikabulkan Allah, maka semua kebaikan orang yang kita doakan, kita akan dapat pahalanya TANPA HENTI. Inilah passive income. Yaitu pahala mengalir tanpa aktif berbuat, atau disebut Amal jariah. Dahsyat !!. Mari kita semangat pakai kacamata TAQWA.
Semoga bisa kita jalani.

Bantulah menyebarkan kebaikan ini.

Islamic Character Development.
ICD_ Masjid Raya Pondok Indah. MRPI
Hadirilah setiap Senin Pagi di MRPI jam 09.30

One Response

  1. terimakasih sudah mengingatkan…..

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: