Pesantren Kilat Masjid Raya Pondok Indah (Sanlat MRPI)


Berangkat dari tri pusat pendidikan, bahwa faktor yang mempengaruhi pendidikan seseorang adalah: rumah, sekolah dan lingkungan, maka Islamic Character Development melakukan kegiatan pendidikan karakter bangsa dengan sinergi Masjid Raya Pondok Indah melalui beberapa tahap.
Alhamdulillah hanya dengan karunia Allah swt, pada tanggal 14 Maret 2015 ICD sudah menyelenggarakan kegiatan Seminar 1000 Guru Membangun Karakter Bangsa untuk guru se Jakarta Selatan dan dihadiri oleh lebih 1700 guru secara gratis. Tema yang kami angkat adalah: Bagaimana mendidika anak shalat tanpa disuruh dan selalu patuh kepada kedua orang tua. Selanjutnya alhamdulillah hanya karena karunia Allah semata, pada tanggal 2 Juni 2015 kami sudah mengadakan seminar Rumah Tangga yang berakhlak Mulia di BPPT untuk seribu orangtua dengan tema: Rumahku Surgaku.                                                                                                                                            
Dalam rangka melanjutkan gerakan perjuangan pembangunan karakter bangsa ini MRPI dan ICD akan mengadakan Pesantren Kilat ( Sanlat ) Ramadhan tanggal 6 Juli – 11 Juli 2015 untuk tingkat Sekolah Dasar ( SD ) di lingkungan Masjid Raya Pondok Indah. Prediksi awal yang akan mengikuti acara ini sangat banyak yaitu 750 siswa sampai dengan 1000 siswa.
Sanlat ini diadakan pada Bulan Ramadhan, inilah moment terbaik pembangunan Akhlak Mulia. Bulan yang penuh keberkahan, dilipatgandakan pahala, kami mengajukan proposal ini untuk mendapatkan dukungan.

Tema dan Muatan Kegiatan Sanlat.

Mengingat bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, bulan ibadah dan bulan pendidikan diri. Maka inisiatif Masjid Raya Pondok Indah mengadakan Pesantren Kilat dengan tema besar : “Mencintai Allah dengan Membangun Akhlak Mulia”.

Untuk menggapai itu semua, materi inti yang akan ditanamkan dalam diri anak adalah :
1. Penanaman Akhlak Mulia sebagai bukti cinta Allah.
2. Mencintai Allah dengan ketaatan..
3. Mencintai Allah dengan membaca Al Quran dan menghafalnya.
4. Praktek Fikih Ibadah.
5. Kisah para Nabi dan orang orang shalih.

Tempat Kegiatan
Area Masjid Raya Pondok Indah baik Ruang Utama masjid, Ruang Serba Guna, Ruang Pendidikan, Perpustakaan dan lain sebagainya.

Metode Pendidikan dan Motto Sanlat 
Understanding by Al-Quran and Hadist Design adalah pemberangkatan konsep konsep ICD dalam pembangunan karater bangsa. Maka pendekatan yang dilakukan dalam menanmkan nilai ketaatan tentu tidak boleh lepas dari konsep Al-Quran yaitu Active Learning. Al-Quran diturunkan, sudah mengajarkan ‘methode active learning’. ICD juga mengenalkan konsep dasar Active Learning dalam Al-Quran sebagai sarana untuk membangun paradigma berpikir anak didik agar taat kepada Allah dengan penuh kesadaran.

Demikian juga dalam pengajaran Active Lerarning harus dilakukan pengaktifan seluruh kecerdasan yang diberikan Allah kepada setiap insan. Inilah yang dikenal dalam teori Howard Gardner yaitu theory of multiple intelligences. Kita akan mendapatkan wawasan konsep Al-Quran yang jauh lebih dahsyat dari konsep manusia manapun dalam pembangunan akhlak.

Active learning peserta Sanlat merasakan senang, inilah yang mendasari motto dalam Sanlat ; “Riang Gembira Belajar Agama”.

Di hari pertama sanlat, Insya Allah akan kami undang motifator menghafal Al-Quran, seorang ustadz tuna netra yang sudah hafal Al-Quran di umur yang baru menginjak 7 tahun. Semoga dengan motifasi ini, peserta sanlat akan lebih semangat lagi belajar Al-Quran.

Di hari ketiga, peserta sanlat untuk kelas 4-6 akan mengadakan field trip ke Panti Asuhan Tuna Ganda di daerah Depok, disini mereka akan belajar bagaimana mencintai Allah dengan mencintai manusia.

Bagi yang mau ikutan di sanlat ini atau mau tanya-tanya…silahkan konfirmasi ke nomor telp saya berikut: 0857 1964 7457

Sanlat MRPI

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: