Studium Generale on Character


image

Lebih dari 30 tahun lalu seorang professor di University of Pennsylvania mengejutkan dunia pendidikan barat melalui bukunya, yang antara lain mengungkapkan bahwa sesungguhnya dunia barat banyak sekali belajar tentang pendidikan dari dunia Islam. Professor tersebut adalah Professor George A. Makdisi yang menulis buku The Rise of Colleges – Institutions of Learning in Islam and the West (Edinburg University Press, 1981). Tradisi yang dibawa dari Islam ini mulai dari cara berpakaian para guru besar, cara duduk dan tempat duduknya, konsep pemberian ijazah sampai apa yang sekarang popular dengan sebutan Studium Generale.

Sebelum ada system Madrasah, menuntut ilmu berlangsung di lingkungan pengajaran yang diadakan oleh berbagai individu baik di rumah atau di masjid, atau oleh individu atau istana yang mempunyai perpustakaan besar. Perpustakaan ini menyambut hangat para pakar yang hendak melakukan studi. Waktu itu memang ada dikotomi antara antara ilmu-ilmu Islam seperti Tafsir, Hadits, Fiqih dan ilmu- ilmu asing yang datang dari Yunani.

Konsep Studium Generale berasal dari abad ke 13 ketika Islam masih berjaya di Andalusia. Studium Generale adalah tempat dimana para murid atau siapa saja dan dari mana saja bisa bergabung dalam suatu pengajaran subject tertentu. Studium Generale inilah yang coba diupayakan oleh Islamic Character Development-ICD melalui seminar-seminar membangun karakter dan konsep pendidikan yang baik dan benar sesuai Alquran dan Hadits.

Lebih dari itu Studium Generale juga menjadi ajang untuk memperkenalkan konsep atau ilmu baru ke masyarakat luas, sehingga ilmu baru tersebut dapat dikritisi, diberi masukan, disempurnakan dan tentu akhirnya untuk disebarluaskan ke masyarakat dan diambil manfaat yang sebesar-besarnya.

Banyak sekali yang ingin tahu konsep detil dari pembangunan karakter bangsa, maka seminar dan kajian menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan konsep pendidikan dan karakter kepada guru dan orang tua.

Ingin tahu informasi seputar seminar karakter oleh ICD, silahkan kirimkan pertanyaan anda ke email berikut: characterdevelopment.icd@gmail.com

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: