Sinergi Positif


Super Mentor 6Bagaimana perasaan anda bisa ketemu dengan orang-orang besar dan dikagumi seluruh negeri? Pasti sangat senang dan tidak akan pernah terlupakan. Itulah perasaan yang saya alami ketika bisa ikut supermentor 6 yang diadakan oleh Bapak Dino Pati Djalal. Tema Supermentor ini “Empat Negarawan Berbicara Mengenai Filosofi Hidup Resep Sukses Etos Kerja dan Ilmu Kepemimpinan”

Ketika itu saya dan teman saya dari Masjid Pondok Indah sungkan untuk masuk acara ini yang diadakan di Djakarta Theatre lantai II, kami sama sekali tidak punya tiket masuk. Alhamdulillah berkah dari pertolongan Allah swt saya dan keenam teman saya bisa masuk tanpa ngantri dan masuk ruangan vip.

Terkait dengan Sinergi Positif, Saya ingin mengutip pernyataan Bapak. BJ Habibie ketika beliau menjadi mentor kami di supermentor 6 yang diadakan oleh Bapak Dino Pati Djalal.

Kata beliau: Sinergi normal, 1+1+1=3 Ketika anda bisa menjadikan 1+1+1= 3 juta itu namanya sinergi positif, tanpa corruption, bukan hanya corruption materi, intelektual. Tapi kalo anda bisa 1+1+1= -1 juta itu namanya sinergi negatif. Anda tidak akan maju sekalipun.

Banyak hal inspiratif yang saya dapatkan dari acara besar ini, dari bapak Tri Sutrisno, bapak BJ.Habibie, bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan bapak Xanana Gusmao. Insya Allah saya share di postingan selanjutnya. Saya mengalami sendiri, ketika Yayasan Aksi Peduli Bangsa bersinergi dengan Masjid Raya Pondok Indah, mereka bersinergi dalam dakwah untuk mengembangkan Masjid sebagai agen perubahan.

Masjid sebagai rumah Allah (baitullah) bukan hanya untuk mendirikan shalat lima waktu atau pengajian-pengajian biasa. Peranan masjid yang dikonsep oleh junjungan Rasulullah Shalla Allahu Alaihi Wasallam sangat komprehensif, mencakup pembangunan berbagai macam aspek kehidupan. Masjid sebagai agen perubahan, sebagai pemancar penanamam nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat sekaligus sebagai pusat transformasi menuju masyarakat madani.

Masjid Raya Pondok Indah (MRPI) telah membuat kajian intensif mingguan yang fokus pada pembangunan akhlak yaitu  Kajian Akhlak Senin Pagi bersama  Yayasan Aksi Peduli Bangsa yang dilaksanakan oleh ICD (Islamic Character Development). Islamic Character Developmet adalah sebuah forum kajian kawan-kawan yang konsen mendalami agama Islam, pernah mengecap pendidikan di Tunisia, Aljazair, Mesir, Arab Saudi, Jordania dan lain sebagainya dan bergabung pula kawan kawan dari disiplin ilmu lain yang punya perhatian tentang pembangunan akhlak bangsa.

Tujuan ICD hanyalah meninggikan nama Allah dalam pembangunan akhlak, tidak ada yang lain, hanya Bismillah (dengan nama Allah), tidak membesarkan nama institusi, lembaga, atau personal. Maka ICD dibawah Yayasann Aksi Peduli Bangsa,  selalu terbuka untuk bersinergi kepada siapapun yang memang satu tujuan yaitu pembangunan karakter bangsa Indonesia.

Seminar Pembanugna Karakter Bangsa yang dalam dekat ini akan dilaksanakan adalah Seminar Parenting Membangun Rumahku Surgaku yang diadakan di Gedung BPPT tanggal 02 Juni, bertepatan dengan hari libur nasional.

Brosur Seminar Parenting

image

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: