Pesantren Pramuka Al-Hira


Pesantren Pramuka Alhira merupakan lembaga pendidikan yang yang menyelenggarakan pendidikan dengan berdasarkan Alquran dan Sunnah untuk membangun generasi rabbany harapan umat.
Pesantren Pramuka Alhira menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP-SMA.

Menjadikan pramuka sebagai sarana membangun generasi mandiri adalah cara yang paling baik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada diri anak didik.

Alhira saat ini sedang melakukan perubahan pendidikan di Indonesia. Yakni, perubahan cara pandang, suasana belajar, proses belajar, pendekatan, materi, dan perubahan peran kepala sekolah dan guru serta tenaga kependidikan.

Dalam perubahan cara pandang, misalnya, bagaimana menempatkan siswa bukanlah sebagai gelas kosong, tapi bibit unggul yang beraneka ragam. Sekolah bukan pabrik, tapi sebuah komunitas. Setiap kecerdasan penting dan perlu dikembangkan sebaik mungkin. Pendidikan di sekolah tidak hanya kegiatan pengalihan pengetahuan, tapi juga seluruh suasana, proses, ketauladanan, yang mempengaruhi secara langsung atau tidak langsung perkembangan potensi insani seseorang.

Suasana formal mekanistik perlu diubah menjadi suasana informal, hangat dan menggembirakan serat terciptanya suatu tatanan bahwa semua kita bersaudara. Dari suasana yang cenderung menghukum menjadi suasana yang apresiatif; dari yang eksklusif dan homogen menjadi inklusif dan heterogen.

Proses belajar yang berpusat pada pengajar, pun perlu diubah menjadi lebih berpusat pada siswa. Proses belajar yang individual menjadi proses belajar dalam tim secara seimbang. Proses belajar yang mekanik menjadi proses belajar yang menggugah, memberi inspirasi. Proses belajar tidak hanya mengembangkan kemampuan, tapi juga mencerahkan atau mengembangkan kesadaran baru, membangun keyakinan, dan mengembangkan sikap.

Proses belajar juga tidak hanya melalui pemahaman, penghapalan, dan analisis, namun juga melalui observasi, imajinasi, eksplorasi, dan refleksi. Proses belajar tidak hanya menekankan pada materi pelajaran, tapi juga proses yang menekankan ‘belajar bagaimana belajar’.

Proses belajar yang mengisolasi satu kecerdasan dari kecerdasan yang lain diubah menjadi proses belajar yang mengembangkan semua kecerdasan secara simultan.

Peran guru dan kepala sekolah pun perlu diubah. Yakni, bagaimana kepala sekolah dan guru sebagai pemimpin transformasional, pembangun komunitas, dan pembelajar prima.

Konsep kepramukaan ini juga pernah saya dapatkan di pesantren Nurul Hadid, Cirebon. Disana anak didik dibina mental kepemimpinan lewat pecinta alam. Konsep Alhira dan Nurul Hadid ini sama yaitu mengembangkan potensi jiwa kepemimpinan melalui kepramukaan. Semoga kedepan dua pesantren ini bisa saling bersinergi.

image

Pesantren pramuka alhira

image

Quote di alhira

image

2 Responses

  1. Pesantren dan Pramuka. Dua metode yang sangat tepat dalam membentuk karakter.🙂

    • Betul sekali

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: