Menjadi Mulia Atau Hina Dengan Ujian


Dunia memang bukan surga. Kehidupan di dunia penuh pancaroba. Dunia tidak sempurna, Allah swt menjadikan demikian agar cukup ruang bagi manusia untuk menyempurnakannya. Dunia memang diciptakan oleh Allah swt sebagai tempat ujian tentang beramal baik.

Maka kebahagiaan kita amat tergantung pada perspektif kita dalam melihat hidup ini. Jika kita memandang dunia sebagai sumber kenikmatan maka kita harus siap berkecewa hati. Namun, jika kita menyadari sifat dasar dunia, kita akan menjadikannya halang rintang agar bisa melompat lebih tinggi, agar lebih kuat dan agar lebih bijaksana.

Dengan menanamkan kesadaran seperti itu, kita terdorong untuk berbuat ihsan sebanyak banyaknya. Standar ihsan adalah Allah swt bukan manusia sebagaimana firman Allah “berbuat baiklah kamu sebagaimana ALLAH TELAH BERBUAT BAIK KEPADAMU dan janganlah berbuat kerusakan di muka bumi” (Qs. Al-Qashahs: 77)

Allah menguji kita untuk melihat manakah dari sifat-sifat mulia yang nampak pada diri kita sehingga bisa memutuskan atau mengangkat derajat kita. Ataukah sebaliknya kita terpuruk dengan ujian tersebut, mencela, protes terhadap keputusan Allah, bertawakkal kepada dunia dan manusia, emosi dan balas dendam…, yang semua ini hanyalah menjadikan kita hina dan merendahkan derajat kita.

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata :
لَوْلاَ هَذَا الاِبْتِلاَءُ والاِمْتِحَانُ لَمَا ظَهَرَ فَضْلُ الصَّبْرِ وَالرِّضَا وَالتَّوَكُّلِ وَالْجِهَادِ وَالْعِفَّةِ وَالشَّجَاعَةِ وَالْحِلْمِ وَالْعَفْوِ وَالصَّفْحِ
“Kalau bukan karena ujian dan cobaan maka tidak akan terlihat keutamaan sabar, ridho, tawakkal, jihad, kemuliaan menjaga kehormatan diri, keberanian, keutamaan memaafkan dan berlapang dada” (Syifaaul ‘Alil)

Maka marilah kita menjadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain agar hidup kita lebih bermakna. Sebab hanya dengan cara ini kita telah memberikan makna yang setinggi-tingginya bagi kehidupan kita sendiri. [ ]

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: