Pengalaman Mudik Saya


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Huh, sudah lumayan lama ternyata saya belum update tulisan di blog kesayangan ini, maklumlah ini kan hari sibuk-sibuknya perantau yang mau pada pulang kampung. Saya juga pulang kampung dan kali ini saya mau cerita pengalaman mudik saya kemarin dari Jakarta-Magelang pake motor.

Ini pengalaman pertama saya mudik lebaran pake motor. Dulu seringnya pake kereta atau bis. Saya mulai naik kereta waktu dulu masih belajar di Pesantren Tinggi Al-Islam Pondok Melati Bekasi, waktu itu jamannya masih belum ada aturan dari PT KAI satu kursi satu penumpang. Dan Subhanallah saya pernah merasakan semalaman berdiri di kereta dari Senen sampai Kutoarjo, pernah juga naik gerbong tambahan yang gak ada kursinya dan sempat beberapa kali dapat tempat duduk. he..he..:-)

Terus mulai dua tahunan ini saya mulai pindah ke angkutan bus karena ada bus yang bisa turun di dekat tempat saya di daerah Salaman lalu naik bus kecil ke pasar Kaliangkrik dan terakhir naik ojek ke desa Adipuro.

Kemarin saya mudik pake motor bersama sepupu saya, niat awalnya mau naik bus tapi karena ada tawaran touring bareng ya saya mau aja. lumayan kok bisa ngirit ongkos.

Saya berangkat hari selasa kemarin tanggal 22 atau 24 Ramadhan masih belum ramai jalanan karena beritanya mudik mulai ramai hari jumat sampai hari minggu sebelum lebaran.

Oh ya sebelum mudik pake motor malemnya kita cek dulu stamina motor agar siap jos menempuh perjalanan jauh, remnya dicek biar makan, ban yang sudah aus diganti dan jangan lupa bensin terisi penuh. Tercatat saya mulai berangkat dari Cimanggis Depok jam 4 pagi setelah sahur, berhenti 4 kali yang 2 kalinya untuk shalat Subuh, dan jama qashar Dhuhur dan Ashar. Berhenti pertama di daerah Cikarang untuk shalat Subuh, kedua di daerah Indramayu, ketiga di daerah Larangan, dan keempat di daerah Kebumen. Saya sampai rumah jam 9 malam dengan masa tempuh perjalanan 16 jam.

Meskipun lama, ternyata ini lebih cepat daripada perjalanan orang-orang yang naik bus. Buktinya adalah adik saya yang sudah berangkat dari Jakarta hari Jumat sore dan sampai sekarang belum sampai rumah, padahal normalnya sabtu pagi kemarin sudah sampai rumah. Pagi kemarin masih di Karawang, siangnya masih di Subang dan pagi ini saya sms dia masih di Brebes. Kasian bingit ya adik saya akankah dia bisa takbiran di rumah atau malah takbiran di bus. Ya Allah mudahkanlah orang-orang yang mau mudik tahun ini yang sudah lama kangen bertemu dengan keluarga mereka. Selamatkanlah mereka sampai tujuan masing-masing.

Yup, ini sedikit pengalaman saya waktu mudik kemarin. Kalo kamu mudik gak? pake apa hayo..bus, kereta, pesawat atau naik motor kayak saya? share pengalaman kamu ya…

One Response

  1. Gan, kalo mudik pake motor pas keluar dari jakarta mau ke panturanya lewat mana ya?

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: