Awal Ngeblog


Orang pertama yang bikin saya pengen ngeblog adalah Bapak Romi Satrio Wahono pendiri IKC (ilmukomputer.com) lewat bukunya ‘dapat apa sih dari universitas?’. Dia menyebut kalau aktifitas ngeblog sebagai  best practice dalam mengelola ilmu pengetahuan, dan waktu itu beliau nyaranin pake blog di Wordpres yang sederhana tanpa html yang dalam.

Waktu itu saya belum tahu kenapa beliau nyaranin pake WordPress, yang ada di pikiran saya waktu kalo yang nyaranin ini bukan orang biasa dia itu ahli komputer Indonesia dan lulusan jepang dari S1-S3 apa gak mantep tuh, dan saya membuktikan itu sekarang kalo saya gak nyesel deh pake platform WordPress.

Kedua adalah Dr. Zain An-Najah yang mengajarkan saya untuk menjaga ilmu lewat blogging, orisinilitas dan kekuatan referensi. Setiap yang kita tulis harus ada sumbernya dan jangan asal kopi paste, itu kata beliau yang saya ingat terus.

Awal ngeblog saya belum punya modem ataupun laptop, untuk menulis saya gunakan pc pesantren dan untuk meng-uploadnya saya ke warnet, hampir 80% tulisan di blog ini saya upload dari warnet dengan flashdisk 1/4 giga pemberian ustadz saya.

Bagi saya, menulis satu paragraf di blog punya makna lebih daripada menulisnya di akun-akun sosial media. Tulisan di blog juga lebih bertahan lama di mesin pencari dibanding status di facebook atau twitter yang tak sampai sehari sudah terlibas ratusan twit dan status fb yang lain.

Ngeblog itu mantap deh..!!!

13 Responses

  1. Mantab bro… Teruslah berkreasi dan berinovasi… Tulis..tulis…
    kalo pengalamanku gimana yaa… lupa je..🙂

    • Makasih semangatnya……Insya Allah ana terus bersemangat….

      • Sipppp deh…

      • Makash…:-)

    • Pengalaman kita sama je..guru kita juga sama. Beliau ust Zain An-Najah yang paling berpengaruh mengajak kita nulis di blog, sampai beliau ngasih komputer ma koneksi internet wat kita posting blog atau kalo lgi gak ada jadwal kita rame-rame ke warnet.

      Subhanallah kalo ingat dulu ana takjub ma antum, ngurus blog juga antm aktif berdiskusi dan berdebat dengan orang-orang syiah di facebook sampai akhirnya bisa nulis buku, wuih mantap.

      Bagaimana perasaan antum setelah nulis buku itu (hmm..lupa judulnya), apa tanggapan syiah tentng buku antum? Share dikit dong…

      • Hehehe…. Gimana ya ceritanya… ??? Gak bisa dituliskan dengan kata2.. enaknya antum main ke rumah deh. Biar kita bisa puas ngobrolnya…

      • Ya sih ruangan sekecil ini mana mungkin cukup untuk menceritakan pengalaman besar seperti itu dengan luapan sepenuh hati.

        Insya allah kalo pas ke Magelang ana agendakan untuk silaturahim ke tempat antum.

        Betul, biar puas ngobrol dan mengenang masa lalu he..he..

      • Hehe.. Ok.Ok.. ane tunggu+walimah antum.😀

      • Waduh…(tepok jidat) jadi ngerasa tuir temen dah nikah semua dan punya momongan ana masih gini-gini aja.

        Sekalipun masih ngejomblo semoga ana bisa jadi jomblo yang berkualitas tidak gampang terserang penyakit syahwat dan syubhat. Amien.

        Tunggu yo…koe kudu teko yen aku walimahan…

  2. ok mas sip dah. moga tambah visitornya

    • Thanks, tapi sekarang ana hanya mau nuli dan nulis, gak mau dipusingkan dengn jumlah visitor blog, senyum aja kalo banyak yang ngunjungi artinya ada tulisan ana yang bermanfaat.

      Buat siapa kamu nulis? Pertama buat diri sendiri minimal bisa menjadi tempat saya menyimpan tulisan2 saya. Kedua untuk orang lain agar tulisan ana lebih luas manfaatnya.

      Ana akan menulis sampai nanti menemukan genre tulisan ana, apa itu fiksi, non fiksi atau genre lain.

      Ana lagi belajar jadi storyteller blog, belajar menceritakan pengalaman hidup lewat blog dengan bahasa yang populis, masih agak susah karena harus gunain bahasa sehari-hari kita.

      Ok, makasih komentarnya, lebih mantap diskusi di blog mas daripada di sosial media, disini kita lebih punya sikap untuk menulis dengan bahasa yang baik dan sesuai eyd.

      Bagaimana menurut antum?

  3. Sip…setuju banget🙂

    • Terima kasih mbak Meisyah…

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: