Pendapat Musaid At-Thayyar Tentang Buku Tafsirwal Mufassirun


ath-thayyarMusa’id At-Thayyar adalah seorang peneliti bidang Ilmu Al-Quran yang lahir di daerah Najd tahun 1384 H, Menyelesaikan kuliah di Universita Imam Muhamamd bin Su’ud sampai mendapat gelar Magister dengan disertasi berjudul “Al-Waqfu Wa Atsaruhu Fit Tafsir” dan gelar Doktoral tahun 1421 H dengan tesis berjudul “Tafsir Lughawi Lil Quran”, sekarang menjadi dosen di Kuliyah Muallimin di Riyadh. Beliau sangat aktif menyebarkan ilmu-ilmunya tentang Al-Quran danTafsir seperti di forum Multaqa AhlulHadits yang beberaepa tulisannya bisa anda dapatkan di software Maktabah Syamilah, di web blog pribadinya yaitu www.attyyar.net dan beberapa bukunya seperti Fushul fi Ushulit Tafsir, Al-Muharrar fi Ulumil Quran, Sarh Muqaddimah Tafsir, dan lainnya. lebih lengkapnya lihat link ini.

Sedangkan Kitab Tafsir wal Mufassirun adalah kitab yang sudah sangat dikenal orang-orang pesantren dan mahasiswa Islam yang belajarIlmu Al-Quran atauIlmu Tafsir yang ditulis oleh Dr. Muhammad Husain Az-Zahabi dan menjadi salah satu karya terbesar beliau.

Kali ini saya mencoba untuk menyampaikan pendapat Dr. MusaidAt-Thayyar tentang kitab Tafsir wal Mufassirun yang saya ringkas dan terjemahkan dari forum AhlulHadits yang ada di software Maktabah Syamilah.

Beliaumengatakan:

Saya sangat senang sekali bisa membahas tentang buku yang bagus ini (Tafsir wal Mufassirun), dan saya menyatakan bahwa:

  1. Buku ini punya banyak sekali kelebihan, yang terpenting adalah kodifikasinya yang luas.
  2. Menjadi pondasi bagi orang setelah beliau, banyak dipakai dosen universitas Islam dan para peneliti sekaligus menjadi pintu pembuka beberapa karya tulis ilmiah.
  3. Kelebihan yang lain adalah bukunya disusun dengan tertib dan menggunakan bahasa yang jelas.

Dan biasanya karya pertama itu masih menyisakan beberapa kesalahan, karena itu saya melihat bahwa buku ini masih butuh koreksi, terlebihlagi sang pengarang mengutarakan permintaan maafnya karenapembahasannya yang panjang membuat beberapa bagian belum sempat diteliti.

Bagi seorang peneliti yang akan menelaah buku ini, setidaknya akan menemukan dua macam koreksi.

  1. Koreksi pada pembahasannya yang panjang atau beberapa buku yang disebutkan oleh Az-Zahabi yang penempatannya kurang tepat dan mestinya dikeluarkan dari situ.
  2. Karena ingin membuat hal yang baru dan berbeda dari ulama sebelumnya seperti dalam pembahasan tentang Marahil Tafsir yang tidak sesuai dengan sejarah tafsir, hal ini sudah saya singgung di buku saya berjudul TafsirLughawi Lil Quranil Karim. Begitu juga pembahasannya tentang istilah Tafsir bil Ma’tsur. Semoga Allah memudahkan orang yang mempelajari buku ini.

Demikian pendapat Musaid At-Thayyar tentang kitabTafsir wal Mufassirun, disitu beliau menyebutkan bahwa kitab ini membutuhkan koreksian dan Alhamdulillah saya menemukan satu buku karya Dr. Muhammad Abu Zaid yang meringkas buku ini menjadi 352 halaman dengan judul Manahijul Mufassirin.

Di antara yang dilakukan Dr. Muhammad Abu Zaid dalam meringkas buku ini adalah.

  1. Mentakhrij hadits atau atsar yang dhaif, mengoreksi contoh-contoh yang lemah untuk dijadikan sebagai dalil, mengoreksi apa yang disebut metode tafsir tapi sebenarnya lebih mendekat pada sejarah tafsir, ushul tafsir dan ilmu Al-Quran dan yang terpenting adalah membuang kesalahan-kesalahan di buku ini.
  2. Tidak menambah isi buku, jika ada tambahan beliau beri tanda “[]” sebagai perkataan beliau.
  3. Banyak dalil yang disebutkan Az-Zahabi tidak sempurna sehingga saya sempurnakan seperti memberi harakat agar maknanya lebih jelas.
  4. Menambahkan biografi yang belum sempat ditulis Az-Zahabi.
  5. Menjelaskan kata-kata yang mesti dijelaskan.
  6. Membenarkan kesalahan yang muncul karena salah cetak.

Selesai, semoga yang sedikit ini bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan kita.[]

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: