Fenomena macet adalah hal yang tidak asing bagi mereka yang hidup di kota besar khususnya Jakarta. Pagi, siang, sore, malam macet. Kadang bahkan sampai berjam-jam. Banyak yang menggerutu, ngedumel, bahkan tak jarang kata-kata tidak pantas pun terlontar yang akhirnya berbuah dosa. Pergantian tahun yang baru saja dirayakan warga ibu kota pun menyisakan berbagai catatan penting seperti kemacetan yang membuat warga frustasi. Alhasil, tahun boleh baru namun masalah tetap sama.

Lalu, bagaimana mestinya sikap kita sebagai seorang muslim?

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda:

«عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ ! شَأْنُهُ كُلُّهُ خَيْرٌ : إِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ ، وَلَا يَكُونُ ذَلِكَ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ»

“Sungguh mengagumkan perihal orang yang beriman! Semua urusannya adala hkebaikan: jika ditimpa musibah ia bersabar maka itu kebaikan. Dan jika mendapat kesenangan ia bersyukur maka itu kebaikan baginya, dan tidak terjadi kecuali bagi orang yang beriman”. (HR Muslim)

Hadits di atas bias menjadi acuan kita agar bersikap sabar dan syukur dalam menghadapi segala masalah kehidupan termasuk masalah kemacetan. Di hadits yang lain, Nabi pun menyampaikan bahwa salah satu tanda kebaikan pada diri seseorang adalah seberapa besar ia mampu meninggalkan apa yang tidak bermanfaat bagi dirinya.

Dan salah satu kegiatan positif yang bias dilakukan dan bernilai pahala adalah menghafal Al-Quran, dengan kegiatan menghafal waktu macet yang membosankan akan menjadi lebih produktif dan dapat menyejukkan hati kita sehingga kejenuhan, kelelahan dan kejengkelan ditengah kemacetan bias terobati.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan Mendengarkan Murottal Al-Quran. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan berikut ini tipsnya.

  1. Pilihlah surat yang anda senangi untuk dihafal dan terasa mudah misalnya surat Al-Mulk.
  2. Dengarkanlah surat ini setiap kali anda mengendarai kendaraan, hindari bacaan-bacaan indah yang aneh dan hanya mengacu pada ragam bacaan yang shahih dan mashur saja, misalnya bacaan Syaikh Musyari Rasyid Al-Afasi atau Khalifah At-Tunaiji. Jangan pindah ke surat yang lain sebelum anda benar-benar sudah familiar dengan bacaan surat ini.

Saat ini sudah banyak kaset, Mp3 atau aplikasi Murottal Al Qur’an yang bias anda download. Semoga yang sedikit ini bermanfaat, tentunya masih ada kekurangan dan kami tunggu tegur sapa dari pembaca semua. []