Faidah Menghafal Al-Quran


faedah menghafal al-quranMenghafal Al-Quran merupakan suatu keniscayaan dalam kehidupan setiap muslim. Ia tidak akan bisa menerapkan Islam secara baik tanpa interaksi yang kuat dengan Al-Quran sebagaimana generasi Sahabat dan Salaf Shalih lakukan. Untuk memotivasi kita agar bisa dekat dengan Al-Quran dan berjuang menghafalkan ayat-ayatnya, maka berikut ini beberapa faidah dari kegiatan menghafal Al-Quran.

Bisa membaca Al-Quran itu keutamaan. Dan bisa menghafal Al-Quran adalah lebih utama. Bisa memahami Al-Quran itu adalah kewajiban. Dan faham ditambah hafal itu jauh lebih utama. Mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari itu adalah tuntutan. Namun, mengamalkan karena termotivasi karena hafalan adalah lebih bagus setiap saat.

  1. Kemenangan di dunia dan di akhirat, jika disertai dengan amal shalih dan menghafalkannya.
  2. Tajam ingatannya dan cemerlang pemikirannya. Karena itu penghafal Al-Quran lebih cepat mengerti, teliti dan lebih apik karena banyak latihan untuk mencocokkan ayat serta membandingkannya ke porosnya.
  3. Bahtera ilmu. Dan ini sangat diperhatikan dengan menghafal. Menghafal juga bisa mendorong seseorang untuk berprestasi lebih tinggi daripada teman-teman mereka yang tidak hafal dalam banyak segi, sekalipun umur, kecerdasan, dan milliue mereka berdekatan.
  4. Memiliki identitas yang baik dan berperilaku jujur.
  5. Fasih dalam berbicara, ucapannya benar, dan dapat mengeluarkan fonetik Arab dari landasannya secara alami. Allah berfirman: “Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan Bahasa Arab yang jelas”. (QS. As-Syuara’: 194-195)

Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah swt untuk menjaga amanah hafalan Al-Quran ini, agar kelak Al-Quran menjadi penolong kita bukan yang membuat kita hancur.

Ya Allah rahmatilah kami dengan Al-Quran dan jadikanlah Al-Quran itu pemimpin, cahaya dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami dari melupakan Al-Quran dan ajarkan kami dari apa-apa yang belum kami tau dan beri kami bacaan Al-Quran setiap pagi dan malam dan jadikan Al-Quran hujjah yang menolong kami di akhirat nanti. Amien ya rabbal alamin.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: